Analisis SWOT untuk Meningkatkan Strategi Usaha pada UMKM SEJIWA ECOPRINT

Penulis

  • Titis Sekar Komala Program Studi Teknik Industri, Universtitas Sangga Buana
  • Ahmad Munandar Program Studi Teknik Industri, Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2025.6.2.3813

Kata Kunci:

Analisis SWOT, TOWS, Strategi, Ecoprint

Abstrak

Sejiwa Ecoprint merupakan salah satu usaha ecoprint yang ada di kota Madiun. Karena banyaknya usaha yang bergerak dibidang yang sama di Kota Madiun, menyebabkan pendapatan UMKM Sejiwa Ecoprint yang cenderung tidak stabil.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan strategi usaha pada UMKM Sejiwa Ecoprint agar tidak kalah bersaing dengan competitor.  Penelitian dilakukan di UMKM Sejiwa Ecoprint Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah perhitungan kuantitatif dan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan matriks IFAS-EFAS dan kombinasi strategi matriks SWOT & TOWS untuk merumuskan strategi. Hasil penelitian menunjukkan skor perhitungan kekuatan (S) sebesar 2,316, kelemahan (W) sebesar 1,010, peluang (O) sebesar 2,250, ancaman (T) sebesar 0,882 Hasil analisis SWOT merekomendasikan perusahaan harus melakukan strategi Strength-Oppotunity (SO) dan Opportunity-Strength (OS) diantaranya membuka workshop untuk umum karena layout produksi yang memadai, menggunakan media sosial untuk promosi, mempertahankan citra perusahaan di mata masyarakat sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan, membuat konten promosi untuk produk yang dibutuhkan masyarakat, mengembangkan produk dari bahan baku yang ramah lingkungan, memaksimalkan pasar potensial dengan menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Referensi

Adisurya, S. I., Rachman, A., Wilastrina, A., Riyanti, M. T., & Damayanti, R. A. (2023). Penerapan Ecoprint Dengan Metode Pounding Pada Produk Bernilai Jual Bagi Remaja Karang Taruna. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1057–1066.

Affandy, S. (2022). Impementasi Analisis Swot (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) Pada Organisasi Dakwah. Inteleksia: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 4(1), 179–194.

Arisyi, D. F. (2022). Penerapan Analisis Swot Sebagai Strategi Pengembangan Budaya Pada Sanggar Seni Tuah Sakato Kota Padang. Jurnal Tata Kelola Seni, 8(1), 53–64.

Budiawan, H. (2021). Reimajenasi Timbre: Nostalgia Bunyi Melalui Komposisi Musik. Program Doktoral Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Della. (N.D.). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi.

Eriana, E. S., & Zein, A. (2021). Implementasi Metode Scrum Dan Analisis Swot Sebagai Strategi Framework Customer Relationship Management (Crm) Pada Perusahaan Rental Mobil. Sainstech: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Sains Dan Teknologi, 31(2), 36–45.

Mashuri, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224.

Novianto, A. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis (Studi Pada Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar).

Rayendra, R., Qurthuby, M., Humairah, M., & Satriardi, S. (2023). Analisis Penetapan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot Di Pt. Pandawa Satria Nusantara. Jurnal Surya Teknika, 10(2), 866–874.

Zazuli, A. I., & Hidayah, F. F. (2020). Membangun Desa Ekonomi Mandiri Melalui Batik Ecoprint Di Rejosari Kabupaten Kudus. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-29

Terbitan

Bagian

Artikel