Ulasan Produk dan Jumlah Produk Terjual Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee
DOI:
https://doi.org/10.32897/dimmensi.v3i1.2539Abstrak
Masyarakat saat ini dapat melakukan berbagai aktivitas ekonomi secara online berkat jangkauan luas internet dan teknologi yang terus berkembang pesat. Internet memiliki efek transformatif dan menciptakan cara kerja baru. Pesatnya perkembangan penggunaan internet telah memengaruhi pembelian produk secara online, yang juga meningkat. Fenomena belanja online masih menjadi trend di kalangan masyarakat saat ini, belanja online dikatakan lebih mudah karena tidak perlu jauh-jauh ke mall, sehingga bisa berbelanja dimana saja dan kapan saja. Shopee merupakan salah satu toko online yang sangat terkenal di Indonesia, Shopee menjadi toko online dengan pengunjung bulanan terbanyak kedua setelah Tokopedia. Shopee juga meraih juara pertama di Appstore dan Playstore. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari ulasan produk dan jumlah produk terjual terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kajian literatur jurnal, buku, dan internet digunakan sebagai referensi dalam bahan penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa ulasan produk dan jumlah produk yang terjual berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di marketplace Shopee. Ulasan produk yang positif dan produk yang banyak terjual dapat memberikan kepercayaan konsumen dan meningkatkan keinginan untuk membeli. Selain itu, rekomendasi produk, potongan harga, dan penilaian penjual juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Aplikasi Shopee menggunakan berbagai fitur dan algoritma yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk.
Referensi
Jurnal
Dilla, N., & Bus, M. (n.d.). THE INFLUENCE OF PRICES , PRODUCT ULASANS , AND SECURITY ON PURCHASE DECISIONS AT THE MARKETPLACE. 1–24.
Ghofur Ainun Najib, A., & Noor Adriana, A. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Fusion, 2(01), 171–180. https://doi.org/10.54543/fusion.v2i01.145
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Journal, D., & Management, O. F. (2021). Analisis Pengaruh Customer Ulasan Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Online Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang) Frederick Alvi Herzegovino Sianipar, Dr. E. Dra. Hj. Yoestini, M.Si 1. 10(2000), 1–10.
Mahdi, M. Iv. (2022). Pengguna Internet Dunia Capai 4,95 Miliar pada Januari 2022. Https://Dataindonesia.Id/. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-dunia-capai-495-miliar-pada-januari-2022
Malang, F. E. K. (n.d.). Jurnal Ekonomi MODERNISASI IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Totok Subianto. 165–182.
Nita, L., Pasi, K., & Sudaryanto, B. (2021). ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER ULASANS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang ). 10, 1–12.
Wulandari, H. P., & Subandiyah, A. E. (2022). Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 9(2), 80. https://doi.org/10.54131/jbma.v9i2.138
Internet
Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di- indonesia-awal-2022
Center, S. S. (n.d.). Tentang Meningkatkan Kepuasan Pembeli. Seller.Shopee.Co.Id. Retrieved January 3, 2023, from https://seller.Shopee.co.id/edu/article/6859
Ginee.com. (2022). 14 Penjualan Terbanyak di Shopee yang Bisa Kamu Tiru. Ginee.Com. https://ginee.com/id/insights/penjualan-terbanyak-Shopee/
Insights, I. (2022). Peta E-Commerce Indonesia. Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.