Strategi Target Pasar Pada Produk Custom Acrylic di Kota Bandung

Authors

  • Ridwan Tho At Firdaus Universitas Sangga Buana
  • Silsi Sabila Universitas Sangga Buana
  • Yuyun Yuniarsih Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v3i1.2616

Abstract

Tujuan  suatu perusahaan akan tercapai jika memiliki strategi pemasaran yang efektif. Pendekatan pemasaran yang umum adalah dalam hal stratrgi pemasaran yang di dalmnya ada bauran pemasaran,  (produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan bauran pemasaran (7P) dalam pemasaran produk Custom Arcrylik Bandung, serta untuk mengidentifikasi batasan pemasaran untuk produk Custom Arcrylik Bandung. Penelitian studi kasus sebagai sumber data (tempat dan kertas). Pengumpulan data dilakukan melalui purposive sampling. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti, pedoman wawancara, dan catatan lapangan merupakan instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis deskriptif dari hasil wawancara, dengan menggunakan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini. Sebagai metode keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil uji kredibilitas (triangulasi sumber dan teknik), Custom Arcrylik Bandung memenuhi unsur-unsur bauran pemasaran (Marketing Mix) dalam setiap proses pemasaran barang-barang Arcrylik.

References

Agus Dudung, Merancang Produk, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 2

Agus Dudung, Merancang Produk, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 36

Akbarsyah, (2013).Strategi Segmenting, Targeting, Positioning. Jakarta, ALFABETA

Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2018). Relationship of 7P Marketing Mix and Consumers' Loyalty in Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261-273

Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2018). Relationship of 7P Marketing Mix and Consumers' Loyalty in Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261-273

Budiwati, H. (2012). Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unggulan Keripik Pisang di Kabupaten Lumajang. WIGA: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 2(2), 29-44.

Eman Suherman, Praktik Bisnis Berbasis Entrepreneurship Panduan Memulai dan Mengembangkan Bisnis dengan Mudah dan Sukses, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011), hlm. 97

Fahimah, M. (2017). Implementasi Brand Activation Lactogrow Happy Wonderland. Margin Eco, 1(1), 1-16.

Kasmir & Jakfar. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media

Kotler, P. Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid Satu. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, R. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. edisi kedua. Jakarta : Salemba Empat

Nur Rianto Al Arif dan Euis Amalia, Teori Mikro Ekonomi, (Jakarta: Kencana, 2010), Cet. Ke-1, h. 148

Putra, I. A., Astuti, H. Z., & Fadhli, K. (2021). The Effect of Personal Selling and Consumer Behavior on Purchasing Decisions Yakult in Mojokerto. Income: Innovation of Economics and Management, 1(2), 50-55.

Qomariyah, S. N., & Jufri, A. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang. Margin Eco, 3(1), 32-47

Sukotjo, H., & Radix, S. A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 216-228.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Press.

Downloads

Published

2023-02-28