Strategi Keberhasilan Pengelolaan Sampah Kota Bandung Melalui Bank Sampah

Authors

  • Marina Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v3i2.2772

Abstract

Sampah telah menjadi masalah yang krusial dihadapi pemerintah kota baik di negara maju maupun di negara berkembang, termasuk di Indonesia khususnya pemerintah Kota Bandung. Pergeseran paradigma lama mengenai pengelolaan sampah yang bertumpu pada pola kumpul, angkut, buang sudah saatnya ditinggalkan dan berubah menjadi pengurangan dan penanganan sampah melalui 3R (Reduce, Reuse, dan Recyle). Bank Sampah adalah salah satu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah pada sumbernya ditingkat masyarakat. Pelaksanaan Bank Sampah pada prinsipnya adalah salah satu rekayasa sosial (social engineering) untuk mengajak masyarakat memilah sampah.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi yaitu wawancara secara langsung kepada informan kunci, serta observasi dan dokumentasi secara langsung, analisis menggunakan SWOT untuk mengetahui staregi keberhasilan pengelolaan sampah Kota Bandung melalui Bank Sampah. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Induk Kota Bandung adalah faktor kelembagaan yang baik, jaringan yang baik serta kapabilitas personil yang tinggi serta staretegi yang digunakan adalah strategi yang mendukung pertumbuhan secara agresif dengan cara sosialisasi kepada masyarakat.

References

Amy Y.S Rahayu, 2015. Manajemen Perubahan dan Inovasi. Universitas Indonesia

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kuaalitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Enri Damanhuri, Tri Padmi. 2011. Teknologi Pengelolaan Sampah, ITB, Bandung. Ibrahim, A., 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Manda Maju.

Istianto, B, 2011. Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Iqbal H. Khan & Naved Ahsan, Textbook of Solid Wastes Management, New Delhi India: CBS Publisher & Distributor. J. David Hunger & Thomas L. Wheelen, Strategic Management 5th Edition.Massachusetts: Addison-wesley Publishing.

Kementerian lingkungan Hidup Republik Indonesia. 2012. Pedoman 3R Melalui Bank Sampah

___________________ 2011. Bank Sampah dan 3R: Membangun Lingkungan dan Ekonomi Kerakyatan.

___________________ 2014. Pengelolaan Bank Sampah Pada Bank Sampah.

Sikki, Nur (ed). 2021. Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan El Nuby Arabic Shop pada jurnal Jurnal 1stE-proceeding SENRIABDI 2021

S. Kumar (ed). 2011. Integrated Waste Management (Vol.I), in tech (intechopen.com), Croatia.

Start dan Hovland. 2004. Tools for Policy Impact: A Handbook for Reasearchers. London : Research and Policy in Development Programme. Overseas Development Institute.

Sugiono, Dr. Prof. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Cv Alfabeta.

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Thompsom, Jr. A, and Strickland, II. A,. 2003. Strategic Management: Concept and Cases. 13thEdition. McGraw-Hill.Irwin. Wibowo, A dan Djajawinata, D.T. 2007. Penanganan Sampah Terpadu.Jakart

Downloads

Published

2023-08-31