Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Gaudentia Beauty Centre Bandung
DOI:
https://doi.org/10.32897/dimmensi.v3i2.2776Abstrak
Di era globalisasi kecantikan menjadi hal melekat bagi kaum wanita. Cantik sendiri didefinisikan sebagai hal yang utama. Hal inilah yang menyebabkan para pengusaha yang melihat peluang didalamnya, maka mendukung kemunculan klinik-klinik kecantikan menawarkan produk yang bervariasi dengan harga yang bervariasi juga, salah satunya Gaudentia Beauty Centre Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan Gaudentia Beauty Centre Bandung. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian deskriptif dari 64 responden menunjukan bahwa kondisi Kepuasan Pelanggan terdapat nilai rata-rata sebesar 3,78 termasuk dalam kategori “Baik”. mean skor yang diperoleh 4,40 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, mean skor yang diperoleh 3,59 termasuk dalam kategori “Baik”. Dari 6 pernyataan dalam variabel Kepuasan Pelanggan terdapat 1 pernyataan dalam kategori “Sangat Baik” dan 5 lainnya termasuk dalam kategori “Baik”. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dari 64 pelanggan Klinik Kecantikan Gaudentia Beauty Center maka dapat disimpulkan, kualitas pelayanan di klinik tersebut kondisinya baik, namun perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan agar pelanggan merasa lebih puas. kepuasan pelanggan Klinik Kecantikan Gaudentia Beauty Centre sebesar 51,9% sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Referensi
Azis, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Insight Management Journal, 1(1), 21-25.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kusdibyo, L., & Februadi, A. (2019, November). The effect of electronic service quality on customers satisfaction and loyalty in online shopping. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 662, No. 2, p. 022036). IOP Publishing.
Lovelock, Cristopher H. dan Lauren K. Wright. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa.Jakarta: PT Indeks.
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.
Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(1), 26-38.
Mulyapradana, Aria dan Lazulfa Indah, Atik. 2018. Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT. BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan (Juripol), Vol. 1 Nomor Februari 2018, p-ISSN 2599-1779 e-ISSN 2599-1787
Parasuraman A.. 2014. The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey: Prentince Hall.
Pradeep, S., Vadakepat, V., & Rajasenan, D. (2020). The effect of service quality on customer satisfaction in fitness firms. Management Science Letters, 10(9), 2011-2020.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen, C.V Andi Offset.
Schiffman, Leon G dan Leslie Lazar Kanuk. 2015. Perilaku Konsumen, Alih Bahasa: Sangadji, PT.Indeks, Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.