Implementasi Design Thinking dalam Inovasi Teknologi Pembelajaran Online di Kampus USB YPKP
DOI:
https://doi.org/10.32897/dimmensi.v4i2.3739Kata Kunci:
Pemikiran Desain, Teknologi Pembelajaran Yang Berani, Inovasi Pendidikan, Aplikasi Pembelajaran Online, Pengalaman PenggunaAbstrak
Pembelajaran daring atau online semakin banyak diterapkan di institusi pendidikan tinggi, termasuk di Universitas Sangga Buana (USB) YPKP melalui aplikasi Kulon. Namun, masih terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi tersebut, seperti kesulitan mengoperasikan fitur-fitur dan tampilan antarmuka yang kurang berwawasan luas bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pemikiran desain, yaitu fokus pada kebutuhan pengguna, dalam mengembangkan inovasi pada aplikasi Kulon sebagai teknologi pembelajaran berani di USB YPKP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, meliputi observasi, wawancara, dan evaluasi prototipe aplikasi Kulon dengan melibatkan mahasiswa, dosen, dan staf sebagai pengguna. Melalui tahapan pemikiran desain seperti empati, definisi masalah, ide solusi, pembuatan prototipe, dan evaluasi, diharapkan penelitian ini dapat mengidentifikasi kebutuhan pengguna serta menghasilkan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran berani di USB YPKP.
Referensi
Audady, M. S., & Tolle, H. (2022). Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Sekolah. mu berbasis Mobile dengan menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(9), 4279-4285.
Fadilah, N. N., Setyosari, P., & Susilaningsih, S. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Online. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 90-97.
Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) USB YPKP. (2023). Pedoman Penggunaan Kulon. Diakses dari https: //kuliahonline.usbypkp.ac.id/.
Razzouk, R., & Shute, V. (2012). What Is Design Thinking and Why Is It Important?. Review of Educational Research, 82(3), 330-348.
Zainal Abidin, N. A. (2019). Model konsep integriti ke arah peningkatan kualiti penilaian rakan (peer assessment) (Doctoral dissertation, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.