Dampak Harga dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Mahasiswa Program Sarjana Universitas Sangga Buana YPKP Tahun 2024

Penulis

  • Ahmad Mustahif Universitas Sangga Buana
  • Barick A Setiawan Universitas Sangga Buana 

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v4i2.3756

Kata Kunci:

Harga, Ulasan Produk, Keputusan Pembelian Daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh serta seberapa besar pengaruh faktor harga dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian daring pada platform E-commerce Shopee, khususnya di kalangan mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Sampel penelitian melibatkan 100 mahasiswa dan konsumen Shopee yang telah melakukan transaksi di toko daring Shopee, dipilih melalui teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Hasil analisis menunjukkan model regresi linier berganda, yaitu Y=13,530+0,095X1+0,515X2Y = 13,530 + 0,095 X1 + 0,515 X2Y=13,530+0,095X1+0,515X2. Uji F mengindikasikan bahwa variabel independen secara keseluruhan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian daring. Hasil analisis juga menunjukkan model regresi linier sederhana karena hipotesis H1 ditolak, dengan model Y=14,039+0,571X2Y = 14,039 + 0,571X2Y=14,039+0,571X2. Nilai R Square sebesar 0,198 menunjukkan bahwa variabel harga dan ulasan produk berkontribusi sebesar 19,8% terhadap keputusan pembelian daring, sementara 80,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Referensi

Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Implementation of digital marketing in maintaining MSMEs during the Covid-19 pandemic penerapan digital marketing dalam mempertahankan UMKM di masa pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2283–2291. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Arista, L., & Lasmana, H. (2019). Pengaruh review oleh Sarah Ayu pada produk kecantikan di YouTube dan brand awareness terhadap keputusan menggunakan produk. Scriptura, 9(1).

Deka, I. (2021). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian (Studi pada Indonesia seller perusahaan e-commerce eBay). Djakarta.

Ginee. (2021). Sejarah Shopee di Indonesia: Marketplace sukses di Tanah Air. Ginee.com.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 update PLS regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Henuk-Kacaribu, A. (2020). Pengantar ilmu administrasi. Yogyakarta: ANDI.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan. Jawa Timur: Unitomo Press.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Tangerang: Indigo Media.

Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh net interest margin (NIM) terhadap return on asset (ROA) pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk periode 2013-2017. Jurnal E-Bis, 4(1), 78–87.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principle of marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall International.

Yusup, M. (2011). Metode penelitian kualitatif dan penelitian gabungan. Bandung: Alfabeta.

Rachmat, Z., dkk. (2022). Administrasi bisnis. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Rabiah, A. S., Parashakti, D., Mahfud, I., & Adha, S. (2019). Online consumer review and beauty influencer on cosmetics purchase intention of Indonesian female consumers. Journal of Business, Management, and Accounting, 1(1), 34–47.

Sinambela, L., & Sinambela, S. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif: Teoretik dan praktik (Cet-2). Depok: Rajawali Pers.

Sirodjudin, M., & Sudarmiatin, S. (2023). Implementasi digital marketing oleh UMKM di Indonesia: A scoping review. EBISMEN: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 1–16.

Siagian, S. P. (2008). Filsafat administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Ed. Ke-3). Alfabeta.

Supriyanto. (2016). Administrasi bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahrum, & Salim. (2012). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Syahputra, R. M. (2021). Digital marketing strategy through digital channels in promoting product. Ijisrt.Com, 6(1). https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT21JAN220.

Kamila, T., Korina, Suharyono, & Nuralam, I. P. (2019). Pengaruh online consumer review terhadap keputusan pembelian. Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, 72(1), 1–10.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran prinsip & penerapan (Edisi 1). Yogyakarta: ANDI.

Sekaran, U. (2017). Metode penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

We Are Social, & Hootsuite. (2019). Digital 2019: Indonesia-datareportal-global digital insights. DataReportal, 77. https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia

Zhao, X., Wang, L., Guo, X., & Law, R. (2015). The influence of online reviews on online hotel booking intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27(6).

Zulkarnain, A. (2019). Penerapan mobile-first design pada antarmuka website profil sekolah menggunakan metode human-centered design (Studi kasus: SMPN 21 Malang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 125–136.

Haque, A. G. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT Berlian Multitama di Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21, 31–38.

Handayaningrat, S. (2011). Pengantar studi ilmu administrasi dan manajemen. Jakarta: CV Haji Masagung.

Sumber Website

Databoks.katadata.co.id. (2024). 5 e-commerce dengan pengunjung terbanyak sepanjang 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Databoks.katadata.co.id. (2023). Pengguna internet di Indonesia tembus 213 juta orang hingga awal 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Kompas.com. (2023). Kenapa barang yang dijual di toko online lebih murah dari offline? https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/19/180000865/kenapa-barang-yang-dijual-di-toko-online-lebih-murah-dari-offline-?page=all

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel