Analisis Strategi Pemasaran dan Pelayanan Pos Nextday Pada PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama 40000 Kota Bandung
Digital Marketing Strategy
DOI:
https://doi.org/10.32897/dimmensi.v4i2.3759Kata Kunci:
Strategi, Pemasaran, Pelayanan, NextdayAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran serta layanan pos Nextday di PT Pos Indonesia (Persero) pada Kantor Cabang Utama 40000 Kota Bandung. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mendalami berbagai aspek yang terkait dengan strategi pemasaran dan layanan yang diterapkan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, serta analisis dokumen. Hasil studi menunjukkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama 40000 Kota Bandung telah menerapkan beragam strategi pemasaran, termasuk pemanfaatan saluran distribusi informasi yang optimal, seperti situs web, media sosial, dan aplikasi mobile. Layanan pos Nextday menitikberatkan pada kecepatan dan kualitas pelayanan. Kesimpulan dari studi ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran yang efektif memungkinkan perusahaan untuk berinovasi secara berkelanjutan dan mengintegrasikan teknologi demi mempercepat proses pengiriman serta menjaga ketepatan waktu dan kepuasan pelanggan. Partisipasi pelanggan melalui umpan balik serta interaksi juga memainkan peran penting dalam peningkatan kualitas layanan. Temuan penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pemasaran dan peningkatan kualitas layanan di masa yang akan datang
Referensi
Buku:
Fatma dkk (2023). Manajemen Pemasaran Era Industri 4.0 (A. & P. P. Ainun, Ed.; 1 ed.). Yogyakarta: PT. Nas Media Pustaka.
Fawzi dkk (2022). Strategi Pemasaran. Tanggerang Selatan: Pascal Books.
Indriasari dkk (2023). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.
Nasfi dkk (2023). Ilmu Administrasi Bisnis. Agam: CV. Tahta Media Group.
Martoyo dkk (2022). Manajemen Bisnis (L. Siwiyati, Ed.; 1 ed.). Makassar: CV. Tohar Media.
Mursyidah & Choiriyah (2020). Manajemen Pelayanan Publik (I. Rodiayh, Ed.; 1 ed.). Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nartin dkk (2024). Metode Penelitian (1 ed.). Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Raymond dkk (2024). Pengantar Administrasi Bisnis (V. Sari, Ed.; 1 ed.). Padang: CV. Gita Lentera.
Sarosa, Samiaji (2021). Analisis Data Kualitatif (1 ed.). Yogyakarta: PT Kanisus.
Setiawan dkk (2024). Pengantar Administrasi Bisnis (Sepriono, Ed.; 1 ed.). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syah, Arman (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan (A. T. Putranto, Ed.). Bandung: Widina Bhakti Persada.
Wijoyo dkk (2021). Pengantar Bisnis (H. Wijayo, Ed.; 1 ed.). Selayo: CV. Insan Cendikia Mandiri.
Jurnal:
Ayu dkk (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen ( Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung ). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41–58.
Ayu, Indah Purnama (2024). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran di Tengah Krisis (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia). Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1).
Gultom dkk (2020). Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. 3(2).
Mahsuni dkk (2024). Filsafat Administrasi. 2(1), 603–614.
Situs Internet:
Info Nasional (2022). Ini Langkah Pos Indonesia Bertransformasi dan Inovasi. Diambil dari: https://nasional.tempo.co/read/1625489/ini-langkah-pos-indonesia-bertransformasi-dan-inovasi. (Akses: 06 Juli 2024).
Pos Indonesia (Persero) (2024). Sejarah dan Visi Misi Pos Indonesia Logistik Indonesia. Diambil dari: https://www.posindonesia.co.id/id/pages/sejarah-posind. (Akses: 20 Juli 2024).
Skripsi
Naldo (2017). Analisis Strategi Pemasaran PT Pos Indonesia. Universitas Lampung.
Mariana (2018). Analisis Strategi Pemasaran Layanan Pos Express Pada PT Pos Indonesia (Persero). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.