Analisis Implementasi E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Facebook Di Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu)

Mohamad Jakariah, Hersusetiyati Hersusetiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh mereka paham dengan E-Commerce dan bagaimana mereka bisa bersaing di dunia E-Commerce dengan segala keterbatasan. Metodologi menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaku E-Commerce di Desa Jatimulya cenderung menjalankan bisnisnya tanpa rencana dan strategi yang matang. Tidak memiliki visi dan misi yang jelas. Strategi yang dijalankan hanya sebatas memfoto barang dagangan, mengunggahnya di media sosial kemudian menunggu respon dari konsumen. Pembayaran, masih mengunakan metode manual bayar ditempat, metode ini banyak mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen. Konsumen masih belum begitu percaya dengan pelaku E-Commerce karena masih sering ditemui kecurangan yang dilakukan penjual. Konsumen merasa sangat terbantu dengan kehadiran E-Commerce. Konsumen merekomendasikan pengalaman berbelanja online, yang menguntungkan dalam meningkatkan penjualan produknya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah rata-rata pelaku E-Commerce di Desa Jatimulya masih belum mengimplementasikan E-Commerce dengan maksimal, disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai E-Commerce, sehingga implementasi E-Commerce di Desa Jatimulya terkesan apa adanya dan tanpa rencana yang baik.

Full Text:

PDF

References


Afriani, Umma Farihah (2011), Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika, Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anggita Nurul Adha, Ratri Virianita (2010). Sikap dan Intensi Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Bisnis. Jurnal Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Hal 380-389.

Abror, F., J. (2015). Kelebihan Facebook Sebagai media Komunikasi Jual Beli Online. Skripsi Ilmu Komunikasi Pada FISIP Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ardiyanto, A. (2018). Ananlisi Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri Surakarta.

Celuch, K., Goodwin, S. & Taylor, S. A. (2007). Understanding Small Scale Industrial User Internet Purchase and Information Management Intentions: A Test of Two Attitude Models. Industrial Marketing Management, 36(1): 211-221.

Dedi, Rianto Rahadi dan Mifta, Farid (2011) ”Pemanfaatan Jejaring Sosial Dalam Mendukung Keunggulan Bersaing (studi ukm di kota palembang)” Program Studi Ilmu Komunikasi, Skripsi, Universitas Bina Darma Palembang.

Dewi, Tri Nurmala & Kuncoro,Joko (2011) ”Kebutuhan Berafiliasi, Introversi Kepribadian serta ketergantungan pada Facebook pada Mahasiswa” , Jurnal Proyeksi Vol. 6 (2) 2011, 68-77

Gemilang, Dian Ayu (2011), Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online(Studi Deskriptif Kualitatif Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi, Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Imran, Hasyim Ali (2009. “Aktifitas Komunikasi dan Situs Jejaring Sosial”. Jurnal Komunikasi Masa, 5(1): 3-4.

Irma, A. (2017). Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Vol. 4. No. 2

Izzati, N. (2015). Motif Penggunaan gadget Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan kalijaga. Vol. 2. Halaman 374-380

KOMPAS.com. (2019). Facebook Jadi Medsos Paling Digemari di Indonesia.https://ww.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2019/02/05/11080097/facebook-jadi-medsos-paling-digemari-di-indonesia. (Akses: 13 Juli 2019)

KOMPAS.com. (2019). Separuh Penduduk Indonesia Sudah “Melek” Media Sosial. https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2019/02/04/19140037/separuh-penduduk-indonesia-sudah-melek-media-sosial. (Akses: 13 Juli 2019)

Lang, Kurt & Gladys Engel (2009). Mass Society, Mass Culture, and Mass Communication: The Meaning of Mass1, International Journal of Communication 3: University of Washington.

Lasmadiarta,M., (2011). Extreme Facebook Marketing for Giant Profits. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Martha, E., & Kresno, S. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Cetakan ke 1). Depok: RajaGrafindo Persada.

Masyarakat Jatimulya. (2019). https://m.facebook.com/groups/1697295190554704/?ref=group_browse. (Akses: 13 Juli 2019).

Muhyiddin, N., T. (2018). Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial. (Cetakan ke 2). Jakarta: Salemba Empat.

Muhyiddin, N., T. (2018). Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial. (Cetakan ke 2). Jakarta: Salemba Empat.

Pratama E. (2015). E-Commerce, E-Business, Mobile Commerce. (Cetakan ke 1). Bandung: INFORMATIKA Bandung.

Solidaritas Masyarakat Jatimulya. (2019). https://m.facebook.com/groups/1791514697752814/?ref=group_browse. (Akses: 13 Juli 2019).

Sugiyono, (2016). Metedologi Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Utami, D., A. & Purnama, E., B. (2012). Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus Di Batik Solo 85). Vol. 1.

Wong Jatimulya Is The Best. (2019). https://m.facebook.com/groups/596261817177029/?ref=group_browse. (Akses: 13 Juli 2019).

Wikipedia Bahasa Indonesia. (2019). Facebook. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Facebook. (Akses: 15 Juli 2019)

Yulius Safitri, Jurry Hatammimi, Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita Berwirausaha Melalui Bisnis Online (Studi pada Mahasiswi Sekolah Bisnis di Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika. Hal .04




DOI: https://doi.org/10.32897/dimmensi.v1i1.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohamad Jakariah, Hersusetiyati Hersusetiyati

Published by:

Program Studi S1 Administrasi Bisnis  
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2807-6478
e-ISSN: 2807-6524 

 

Creative Commons License
DImmensi by Program Studi S1 Administrasi Bisnis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.