Pengembangan Perilaku Inovatif Melalui Iklim Organisasi dan Motivasi Berprestasi Pada PT Pos Indonesia Bandung

Authors

  • Asep Jamaludin Universitas Sangga Buana
  • Iis Nurhayati Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jemper.v4i1.1257

Abstract

Hasil survei frontier group 2021 menunjukkan bahwa PT.Pos Indonesia tidak masuk dalam 3 top brand. Hal ini menunjukkan bahwa daya saing PT.Pos Indonesia masih rendah. Hasil prasurvei menunjukkan bahwa perilaku inovatif karyawan masih rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengungkap kondisi iklim organisasi, motivasi berprestasi dan perilaku inovatif, serta seberapa besar pengaruh iklim organisasi dan motivasi berprestasi terhadap perilaku inovatif. Metode peneltian yang digunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif – verifikatif, alat analisis; koefisien korelasi, regresi berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian: iklim organisasi dan motivasi berprestasi berpengauh signifikan terhadap perilaku inovatif. Temukan lain: 1) masih rendahnya kemandirian karayawan dalam mengambil keputusan, 2) karyawan merasa adanya hambatan komunikasi antara atasan – bawahan, 3) rendahnya pertimbangan karyawan terhadap risiko kerja, 4) masih rendahya keyakian karyawan bahwa idenya mampu meningkatkan nilai tambah dari inovasi.

Downloads

Published

2022-04-11

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan - Januari - Juni 2022