Pengaruh Modal, Pengetahuan dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Study kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Kampus UNZAH)

Authors

  • Moh. Ismail Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abd. Ghafur Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.32897/jemper.v5i1.2559

Abstract

Pasar modal mempunyai fungsi utama didalam menopang perekonomian suatu pemerintahan. Melalui perdagangan efek, investor yang memiliki banyak uang dan perusahaan yang membutuhkan uang bertemu di tempat tersebut satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidaknya modal, pengetahuan, dan motivasi investasi secara parsial dan simultan terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada Mahasisswa FEBI Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif sumber data berasal dari kuesioner yang disebarkan kepada sampel sebanyak 87 orang dari total populasi 667 mahasiswa yang merupakan total mahasiswa FEBI di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Teknik analisis yang digunakan berupa analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji T. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel modal, pengetahuan, dan motivasi memiliki pengaruh terhadap minat berinvestasi. Sedangkan hasil uji T menunjukkan bahwa modal dan motivasi yang hanya memiliki pengaruh sedangkan pengetahuan tidak memberikan pengaruh dengan terhadap minat berinvestasi.Kata kunci: modal, pengetahuan, motivasi

References

Abdulloh. (2011). Sosiologi Pendidikan (Individu, Mayarakat, dan Pendidikan). PT Rajagrafindo Persada.

Al-Qur’an.

BEI. (2017). Yuk Nabung Saham. yuknabungsaham.idx.co.id (di akses Rabu, 04 Januari 2023)

Departemen Agama RI. (2008). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Cahaya Al-Qur’an.

Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Himmah, A., Imtikhanah, S., & Hidayah, R. (2020). PERAN MINAT INVESTASI DALAM MEMEDIASI PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI, DAN MODAL MINIMAL INVESTASI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Kasus Investor Pada BEI Berdomisili Kota Pekalongan): Dibuat oleh Alliyatul Himmah, Sobrotul Imtikhanah, Rini Hidayah (Prodi Akuntansi FEB Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan). Neraca, 16(2), 111–128.

Latifah, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Modal Minimal Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Galeri Investasi Syari’ah UMP). IAIN Purwokerto.

Malik, A. D. (2017). Analisa faktor–faktor yang mempengaruhi minat masyarakat berinvestasi di pasar modal syariah melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 61–84.

Moko, A. (2008). Entrepreneurship. Widinah Bhakti Persada.

Nisa, A. (2017). Pengaruh pemahaman investasi, modal minimal investasi dan motivasi terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesuma Negara). Jurnal Penelitian Teori Dan Terapan Akuntansi (PETA), 2(2), 22–35.

Prastijo, R. (2005). Perilaku Konsumen. Andi.

Priyono, & Ismail, Z. (n.d.). Teori Ekonomi. Dharma Ilmu.

Saputra, D. (2018). Pengaruh manfaat, modal, motivasi dan edukasi terhadap minat dalam berinvestasi di Pasar Modal. Future: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 178–190.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah, S., Nugroho, L., Arifudin, O., Hanika, I. M., Haerany, A., Rusmana, F. D., & Rijal, K. (2020). PRILAKU KONSUMEN DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA DIGITAL. In CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Umar, A. U. A. Al, & Zuhri, S. (2019). Pengaruh Manfaat, Pengetahuan, dan Edukasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi kasus pada mahasiswa IAIN Salatiga). Li Falah–Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1).

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidika. PT. Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2019). Pengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi (Studi kasus mahasiswa FE Unesa yang terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 198.

Yuliati, L. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat berinvestasi sukuk. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 103–126.

Downloads

Published

2023-08-02

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan - Januari - Juni 2023