Analisis Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Produk Makanan Online Pada Aplikasi Shopee
DOI:
https://doi.org/10.32897/jemper.v6i2.3309Kata Kunci:
persepsi resiko, minat beli, e-commerce, produk makananAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi resiko terhadap minat beli produk makanan secara onlline pada aplikasi shopee. Untuk mengevaluasi risiko yang mungkin terjadi pada platform e-commerce, terutama pada Shopee, dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan menggunakan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah agar masyarakat dapat memahami risiko-risiko yang dapat timbul pada Shopee, sehingga dapat mengurangi potensi kerugian yang dialami oleh konsumen. Karena adanya ketidakpastian, setiap tindakan yang diambil oleh individu atau organisasi memiliki potensi risiko. Beberapa risiko mungkin disebabkan oleh kurangnya informasi tentang peristiwa yang mungkin terjadi di masa mendatang, baik yang bersifat menguntungkan maupun merugikan. Dalam menghadapi permasalahan terkait risiko bagi konsumen Shopee, penelitian ini menggunakan Teknik Pengambilan Sampel menggunakan wawancara terstruktur dimana mengikuti panduan pertanyaan yang telah disusun sebelumnya. Pertanyaan ini diberikan kepada semua responden untuk memastikan konsistensi dan perbandingan data Dengan melibatkan 8 responden, hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi responden menunjukkan persepsi resiko produk mendominasi perhatian konsumen saat berbelanja makanan online
Referensi
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN RISIKO PADA MINAT BELI BELANJA ONLINE Rosian Anwar 1 Wijaya Adidarma 2. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya, 14, 2.
As Sajjad, M. B., Kalista, S. D., Zidan, M., & Christian, J. (2020). Analisis Manajemen Risiko Bisnis. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18(1), 51. https://doi.org/10.19184/jauj.v18i1.18123
Kemudahan, P. P., Kegunaan, P., & Nilai, P. (n.d.). 3207-6258-1-Sm.
Lisnawati, T., Hussaen, S., Nuridah, S., Pramanik, N. D., Warella, S. Y., & Bahtiar, Y. (2023). Manajemen Risiko dalam Bisnis E-commerce: Mengidentifikasi, Mengukur, dan Mengelola Risiko-risiko yang Terkait. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 8252–8259.
Puput Wulansari. (2014). MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN IJARAH TERHADAP PENGEMBALIAN PEMBIAYAAN NASABAH (Studi Kasus : BMT Dana Mentari Muhammadiyah Pasar Pon). Repository Ain Purwokerto, 4(2), 109–118.
Putri, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Risiko, Persepsi Keamanan, Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna E-Commerce. Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya.
Rosdiana, R., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 169. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16240
Setiyawan, A. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Online Di Pt. Indonesia Airasia. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(3), 1–14.
SUCI MUETIA DISA1, T. M. K. (2017). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi ManfaatDan Kepercayaan Terhadap Niat PembelianKonsumen Di Portal E-CommerceZalora.Co.Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 202–223. https://jim.usk.ac.id/EKM/article/view/2604