PERILAKU KONSUMERISME DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BHAYANGKARA MELALUI MEDIA ONLINE SHOP (SHOPEE)

Authors

  • M. Wafa Naufal Ramadhan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.32897/konaspol.2023.1.0.2391

Abstract

Online shop dapat menjadi ladang bisnis bagi para remaja, karena penggunaannya yang gratis, praktis, serta dapat menjual berbagai jenis produk yang dapat dicari atau diakses oleh banyak orang secara luas. Kini, online shop pun sudah menawarkan berbagai jenis platform yang dimana didalamnya memiliki keunggulan serta kelebihan pada tiap masing-masing platform tersebut. Namun sangat disanyangkan kebanyakan anak muda di era modern ini lebih sering membeli suatu produk yang tidak memiliki manfaat sama sekali. Dan biasanya hal tersebut dilakukan karena termakan oleh rasa gengsi, hanya ingin tampil modis dan dipandang keren oleh orang disekitarnya, dan lain sebagainya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumerisme pada penggunaan online shop yang difokuskan di kalangan remaja khususnya pada mahasiswa di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, peneliti melakukan obseravasi serta wawancara pada tiga informan yang berasal dari mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumerisme ditunjukkan dengan adanya pengaruh dari kondisi sosial yang menunjukkan pada perkembangan tren tertentu. Ditambah dengan adanya tekanan dari luas serta gaya hidup konsumtif yang menjadi penyebab para informan harus membeli barang melalui online shop tertentu, khususnya pada aplikasi Shopee.

References

F. T. Antow, Angelina. 2016. Acta Diurna Komunikasi. Dalam Pengaruh Layanan Online Shop (Belanja Online) terhadap Konsumerisme Siswa SMA Negeri 9 Manado

M, Hidayat Taufik. 2021. “Pengaruh Online Shop terhadap Konsep diri”. Skripsi. Palembang : UIN Raden Fatah Palembang

Cloudy Moureena Nooristi. 2017. Universitas Airlangga. Dalam Makna Konsumerisme Bagi Wanita Endorse Online Shop di Surabaya

A, Iratantika. 2019. Universitas Negeri Makassar. Dalam Perilaku Konsumen Online Shop di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM

Rohman, Abdur. 2016. Journal of Social and Islamic Culture. Dalam Budaya Konsumerisme dan Teori Kebocoran di Kalangan Remaja

Downloads

Published

2023-01-24

Issue

Section

Articles