STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK ANTAR PEMAIN GAME ONLINE PLAYER UNKNOWN’S BATTLEGROUND PADA KELOMPOK TOP

Authors

  • Rachmawati Rachmawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.32897/konaspol.2023.1.0.2396

Abstract

The purpose of this study explains the communication of groups in the online Player Unknown’s Battleground game. The concept used in this study is group communication and group communication strategies. The method used in this study is qualitative work with a case-study approach. Data collection technique was the interview made by four men engaged in playing games online at Player Unknown’s Battleground. This study has shown that communication groups use the feature of voice chat and quick chat in matches. Strategy is used by role-playing, there are those acting as Rusher as a Sniper as IGL and Support or Back up.


References

Adams, E., & Rollings, A., (2007). Game Design and Development. USA: New Reader Publishing

Alvie, R., & Edi, S. 2019. Model Komunikasi Virtual Pemain Game PUBG MOBILE menggunakan Studi Etnografi Virtual Pada Kelompok Game PUBG MOBILE RPX E-Sport. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau. Vol 7 (1) : 53-70

Annisa, R., & Frenky. 2017. Analisis Komunikasi Virtual pada Kelmpok Gamers Dota 2. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Vol 3 (2) : 2-3

Bunaiya. 2019. Perilaku Adiktif Terhadap Game Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG). Aceh Anthropological Journal. Vol 30 (2) : 180-189.

Dwianda, M. B. (2018). Komunikasi Interperonl Antar Gamers dan Interaksi Sosial (Studi Deskripsi kualitatif pada Komunitas Game Online Dota 2).

Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fisipol. (2022, Januari 7). Pengertian Komunikasi Kelompok. Retrieved from https://fisipol.uma.ac.id/pengertian-komunikasi-kelompok/

Google Play Awards 2018. (2018). Tersedia dari: https://play.google.com

Kustiawan, A. A., & Utomo, A. W. (2019). Jangan Suka Game Online [engaruh Game Online Dan Tindakan Pencegahan. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung : Remaja Rosdakarya.

Novantoro, A. (2016). Peranvangan Game Platform Bergenre Side Scrolling Tentang Sandi Morse Berjudul "Morse" .

Putri, V. K. (2022, Januari 18). Definisi Komunikasi Kelompok dan Bentuknya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/18/150000869/definisi-komunikasi-kelompok-dan-bentuknya

Rahmadiyah, S. (2021). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR GAMERS PUBG MOBILE PADA SISWA SMA NEGERI 2 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. 35.

Sutopo, A. H., & Adrianus Arief . (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana.

Syari'i, A. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gemalnsani.

Winarti. 2021. Komunikasi Virtual Pengguna Game Online Mobile Legends Hereuy Squad. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Wiryanto, 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Zia, N. G. (2021, Juli 29). 7 Jenis Observasi, Ciri-Ciri, Manfaat, Dan Cara Melakukannya. Retrieved from https://www.bernas.id/2021/07/10341/80925-jenis-ciri-manfaat-dan-cara-melakukan-observasi-bagi-pemula/

Arifin, A. (1984). Strategi Komunikasi Suatu Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.

Cangara, H. (2013). Perencanaan Strategi Komunikasi. Jakarta : PT.RajaGrafindo Persada.

Creswell, J. W. (2010). Esearch Design: Pendekatan Kualitatif dan Mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Dwianda, M. B. (2018). Komunikasi Interperonl Antar Gamers dan Interaksi Sosial (Studi Deskripsi kualitatif pada Komunitas Game Online Dota 2).

Firmansah, Y. A. (2020, November 7). Apa itu PUBG Mobile? Retrieved from https://esportsnesia.com/penting/apa-itu-pubg-mobile/

Fisipol. (2022, Januari 7). Pengertian Komunikasi Kelompok. Retrieved from https://fisipol.uma.ac.id/pengertian-komunikasi-kelompok/

Kurniawan, M. (2021). POLA KOMUNIKASI ANGGOTA KELOMPOK GAMERS DALAM PERMAINAN GAME ONLINE “PUBG MOBILE TARAKAN” VIA WHATSAPP.

Kustiawan, A. A., & Utomo, A. W. (2019). Jangan Suka Game Online [engaruh Game Online Dan Tindakan Pencegahan. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Lestari, M. (2020, Agustus 20). Strategi Komunikasi, Teori, dan Langkah-langkahnya . Retrieved from https://tambahpinter.com/strategi-komunikasi/#Pengertian_Strategi_Komunikasi_Menurut_Ahli

Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung : Remaja Rosdakarya .

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar . Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Novantoro, A. (2016). Peranvangan Game Platform Bergenre Side Scrolling Tentang Sandi Morse Berjudul "Morse" .

Permatasary, N. R. (2015). Interaksi Sosial Penari Bujangga Pada Sale Creative Community di Desa Sale Kabupaten Rembang.

Putri, V. K. (2022, Januari 18). Definisi Komunikasi Kelompok dan Bentuknya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/18/150000869/definisi-komunikasi-kelompok-dan-bentuknya

Rahmadiyah, S. (2021). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR GAMERS PUBG MOBILE PADA SISWA SMA NEGERI 2 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. 35.

Suryadi, E. (2018). TRATEGI KOMUNIKASI Sebuah Analisis Teori Dan Praktis di Era Globa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutopo, A. H., & Adrianus Arief . (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana.

Syari'i, A. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gemalnsani.

Tahir, A. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Kelompok Dalam Pembinaan Mualaf Di Kawasan Pegunungan Karomba oleh Kementerian Agama Kabupaten Pinrang.

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Zia, N. G. (2021, Juli 29). 7 Jenis Observasi, Ciri-Ciri, Manfaat, Dan Cara Melakukannya. Retrieved from https://www.bernas.id/2021/07/10341/80925-jenis-ciri-manfaat-dan-cara-melakukan-observasi-bagi-pemula/

Downloads

Published

2023-01-24

Issue

Section

Articles