ANALISIS KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN RANCABEUREUM SUNGAI CIMANDE KABUPATEN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN DYNAMIC FORMULA

Authors

  • Nuke Julfah Universitas Sangga Buana
  • Chandra Afriade Siregar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v3i2.1069

Keywords:

fondasi, daya dukung, formula dinamis, kalendering, penetrasi

Abstract

Fondasi tiang pancang berfungsi menerima dan menyalurkan beban dari struktur atas ke lapisan tanah pada kedalaman tertentu yang mempunyai daya dukung. Untuk menghitung kapasitas daya dukung khususnya dengan cara dinamis terdapat banyak rumus yang dapat digunakan dan menghasilkan nilai yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujan untuk membandingkan hasil perhitungan nilai kapasitas daya dukung dengan menggunakan beberapa formula/metode dinamis, seperti : metode Hiley, metode WIKA, metode Eytelwein, metode Danish, metode ENR, dan metode Navy-Mc Key. Data perhitungan berdasarkan data kalendering pada tiang beton pracetak diameter 40 cm yang diambil dari data sekunder. Kapasitas tiang dihitung dengan menggunakan rumus dinamis menghasilkan variasi nilai yang signifikan, terutama karena adanya variasi dalam faktor keamanan (SF). Nilai kapasitas daya dukung maksimum terdapat di metode Eytelwein dan minimum terdapat di metode Danish. Sedangkan untuk kapasitas ijin tiang maksimum terdapat di metode WIKA dan minimum terdapat di metode ENR. Berdasarkan perbandingan pada penelitian ini bahwa metode Hiley dan Wika lebih banyak melibatkan parameter dari pada metode lainnya, seperti area penampang (AS), panjang tiang (L), kompresi elastis, pantulan, dan tinggi jatuh tiang. Sehingga metode ini merupakan metode dengan rumus paling lengkap. Pada studi ini juga dapat disimpulkan bahwa jika nilai daya dukung yang dihasilkan semakin besar, maka semakin kecil nilai penetrasi.

Author Biography

Chandra Afriade Siregar, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Sipil

References

A. Susilo, “Analisis Pondasi Steel Pipe Pile Pada Bangunan Berthing Dolphin Di Pelabuhan Pt Karya Putra Borneo.” Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2021.

S. Syahrul, “Korelasi Kalendering Dan Pile Driving Analyzer Pada Daya Dukung Substruktur Tiang Pancang Jembatan Encahaq Kutai Barat,” Sebatik, Vol. 26, No. 1, Pp. 182–193, 2022.

S. R. Suripto, “Perancangan Alat Bantu Las Listrik Dengan Teknik Pengelasan Dua Sisi Berdasarkan Prinsip Ergonomi (Studi Kasus Bengkel Las Mulyana Sukoharjo),” 2011.

R. Fachlepi, D. Tanjung, And J. Sarifah, “Analisa Faktor Keamanan Tiang Pancang Pada Jembatan Sei Bone Cs Kabupaten Kampar Provinsi Riau,” Bul. Utama Tek., Vol. 16, No. 2, Pp. 77–83, 2021.

B. M. L. Tobing And M. Munirwansyah, “Perbandingan Kapasitas Penggunaan Formula Dinamis Pada Tiang Pancang Sebagai Kontrol Daya Dukung,” J. Civ. Eng. Student, Vol. 1, No. 3, Pp. 43–49, 2019.

Y. Pratama, “Perencanaan Dermaga Pelabuhan Marina Boom Kabupaten Banyuwangi,” 2016.

M. Gunawan, I. S. Oktaviana, And B. Arifin, “Rasio Hubungan Nilai Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Pengujian Sondir, Kalendering Dan Tes Pda Pada Jembatan Pelawa Kabupaten Parigi Moutong,” J. Tek. Sipil Dan Infrastruktur, Vol. 4, No. 1, 2014.

C. L. Khalisa, H. Yunita, And M. Sungkar, “Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Data Kalendering Dan Data Spt (Studi Kasus Proyek Jembatan Bintah Aceh Jaya),” J. Civ. Eng. Student, Vol. 4, No. 1, Pp. 15–21, 2022.

D. Adiwijaya, A. Prihatiningsih, And J. A. Setyarini, “Kajian Teknis Tiang Pancang Konstruksi Pile Slab Pada Proyek Jalan Tol Jkc Sta 37+ 816.7–38+ 016.7,” Jmts J. Mitra Tek. Sipil, Pp. 19–28, 2018.

R. N. Fadilla And A. Pradiptiya, “Analisis Daya Dukung Pondasi Spun Pile Dievaluasi Dengan Kalendering Dan Pda,” J. Appl. Civ. Eng. Infrastruct. Technol., Vol. 3, No. 2, Pp. 18–25, 2022.

Downloads

Published

2023-09-30