PERENCANAAN FONDASI BORED PILE PEMBANGUNAN JEMBATAN PINOKALAN MANADO-BITUNG

Authors

  • Favian Aqib Arsada Universitas Sangga Buana
  • Chandra Afriade Siregar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v2i2.1238

Keywords:

Fondasi, Bored Pile, Group Pile

Abstract

Untuk melakukan Perencanaan Fondasi Bored Pile Jembatan Pinokalan yang berlokasi di Ruas Jalan Tol seksi I Manado-Bitung diperlukan fondasi yang aman. Dalam hal ini diperlukan adanya analisis terhadap fondasi bored pile yang nantinya menjadi faktor utama dalam menahan beban struktur jembatan dan beban layan jembatan agar mengoptimalkan keamanan operasional dalam lalulintas layan jembatan di area tersebut. Maka, analisis bored pile ini mencakup beberapa bagian yaitu kedalaman tiang, diameter tiang, dan jumlah tiang dalam masing-masing pier yang masuk dalam kategori aman.

Analsis dilakukan dengan menggunakan metode Mayerhoff (1976) dan Group 8 (Group Pile) untuk memperoleh daya dukung aksial, kapasitas lateral, dan daya dukung ujung mengacu berdasarkan data SPT yang diambil dari lokasi jembatan tersebut. Analisis ini mendapatkan hasil berupa faktor keamanan untuk masing-masing pier dalam jembatan yaitu untuk pier 1 menggunakan 36 tiang, di kedalaman 25m, dan menggunakan diameter 1.20m sedangkan untuk pier 2 menggunakan 36 tiang, di kedalaman 20m, dan menggunakan diameter 1.20m. Dari hasil analisis tersebut fondasi bored pile di pier 1 dan pier 2 dinyatakan aman.

Author Biographies

Favian Aqib Arsada, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Sipil

Chandra Afriade Siregar, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Sipil

References

Y. Lubis, “Analisa Konstruksi Pondasi Borepile Pada Proyek Pekerjaan Transmisi 150 Kv Pasir Putih-Pangkalan Kerinci Sec. 2,”

J. Ilm. Tek. Sipil, Vol. 10, No. 2, Pp. 54–62, 2021.

W. Fadly, “Pengaruh Penambahan Dedak Padi Terhadap Produktifitas Waktu Pengeringan Batu Bata.” Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 2021.

A. Prabowo, “Analisis Stabilitas Lereng Pada Ruas Jalan Dengan

Perkuatan Geotekstil (Analysis Of Slope Stability On Road Sections

With Geotextile Reinforcement)(Studi Kasus Pada Ruas Jalan Tol Ngawi-Caruban Sta. 128+ 850, Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono),” 2019.

M. Fadhil, “Analisa Kestabilan Lereng Di Area Ferari Block West

Sorowako Pt. Vale Indonesia Tbk.” Universitas Bosowa, 2022.

A. H. Bahalwan, “Analisis Stabilitas Lereng Dengan Perkuatan Geotekstil Pada Lereng Analysis Of Slope Stability With Strengthening Of Geotechstiles In Slopes (Studi Kasus Pada Jalan Tol Semarang Solo Sta. 2+ 200),” 2018.

M. H. Abdullah, “Analisis Daya Dukung Tanah Terhadap Kerusakan Jalan Di Desa Bulutigo Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan.” Universitas Islam Lamongan, 2021.

C. Mantiri, “Tinjauan Perencanaan Daya Dukung Dan Pelaksanaan

Pondasi Tiang Bor Pembangunan Gedung Pendidikan Terpadu Politeknik Negeri Manado.” Politeknik Negeri Manado, 2015.

Z. Arifin, “Komparasi Daya Dukung Aksial Tiang Tunggal Dihitung Dengan Beberapa Metode Analisis,” Jur. Tek. Sipil, Fak. Tek. Univ. Diponegoro, Semarang, 2007.

U. Masri, “Korelasi Nilai Cbr Dengan Menggunakan Data Sondir

Dan Menggunakan Data Dcp Di Wilayah Kampus Universitas Pasir

Pengaraian.” Universitas Pasir Pengaraian Kabupaten, 2017.

A. A. Haziri, S. Supardin, And S. Syaifuddin, “Evaluasi Daya

Dukung Tiang Pancang Cara Statis Dan Dinamis,” J. Sipil Sains

Terap., Vol. 2, No. 01, 2019.

Downloads

Published

2023-08-08