PERBANDINGAN ANALISIS PERHITUNGAN CUT AND FILL MENGGUNAKAN DATA TOPOGRAFI YANG DILAKUKAN DENGAN PENGUKURAN MANUAL DAN DIGITAL
Abstract
Pembangunan infrastruktur selalu dihadapkan dengan kondisi tanah yang tidak menentu. Meskipun berada pada lokasi yang sama seringkali mendapatkan bagian permukaan dengan elevasi atau kontur yang berbeda. Salah satu metode pelaksanaan yang bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah tersebut adalah dengan melakukan proses penggalian tanah (cut) dan penimbunan tanah (fill). Cut and fill bertujuan untuk membuat permukaan tanah pada area rencana konstruksi memiliki kontur atau elevasi yang sama. Penelitian ini dilakukan pada proyek pembangunan perumahan yang berada di daerah Cicalengka, Kab. Bandung, dengan luas tanah sekitar 16173.59 m². Dimana proyek perumahan ini berada di area perbukitan dan memiliki kontur tanah yang belum merata. Sebelum dimulainya proses pengerjaan perataan tanah harus dilakukan pengukuran dan perhitungkan volume cut and fill pada area rencana pembangunan. Volume galian (cut) dan timbunan (fill) didapat dari hasil data pengukuran topografi yang dilakukan secara manual atau digital sehingga dapat diketahui volume tanah yang dibutuhkan. Dalam metode perhitungan volume cut and fill kali ini penulis menggunakan data topografi yang di peroleh dari tiga metode pengukuran yaitu (Total Station, Drone & Demnas) yang menjadi landasan acuan pengukuran manual dan digital dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. Kiswati And U. Chasanah, “Analisis Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Penerapan Manajemen Waktu Pada Pembangunan Rumah Sakit Di Jawa Tengah,” Neo Tek., Vol. 5, No. 1, 2019.
A. W. Nirwansyah, Dasar Sistem Informasi Geografi Dan Aplikasinya Menggunakan ARCGIS 9.3. Deepublish, 2017.
I. I. Arif, Geoteknik Tambang. Gramedia Pustaka Utama, 2016.
B. Barus Et Al., “Pertanian Era Digital 4.0,” IPB 4.0 Pemikiran, Gagasan, Dan Implementasi, P. 59, 2019.
L. P. Rahayu, “Studi Perbandingan Perhitungan Volume Menggunakan Data Total Station Dengan Dan Tanpa Prisma,” Inst. Technol. Sepuluh Nop., 2015.
K. M. Putri, S. Subiyanto, And A. Suprayogi, “Pembuatan Peta Wisata Digital 3 Dimensi Obyek Wisata Brown Canyon Secara Interaktif Dengan Menggunakan Wahana Unmanned Aerial Vehicle (UAV),” J. Geod. Undip, Vol. 6, No. 1, Pp. 84–92, 2017.
F. Romadhon And A. K. Garside, “Aplikasi Perkerasan Jalan Raya Berkelanjutan Dengan Pemanfaatan Daur Ulang Agregat Beton: Tinjauan Literatur,” In Seminar Keinsinyuran Program Studi Program Profesi Insinyur, 2021, Vol. 2, No. 1.
Z. Naavilah, “Perancangan Pusat Pendidikan Multimedia Di Malang Dengan Pendekatan Smart Building.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019.
B. Utomo, “Drone Untuk Percepatan Pemetaan Bidang Tanah,” Media Komun. Geogr., Vol. 18, No. 02, Pp. 115–146, 2017.
M. Y. Iswari And K. Anggraini, “DEMNAS: Model Digital Ketinggian Nasional Untuk Aplikasi Kepesisiran,” Oseana, Vol. 43, No. 4, 2018.
DOI: https://doi.org/10.32897/simteks.v2i2.1239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sistem Infrastruktur Teknik Sipil (SIMTEKS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Program Studi Teknik Sipil Â
Fakultas Teknik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN:Â 2655-8149
e-ISSN:Â 2807-842XÂ
Â
SIMTEKS by Program Studi Teknik Sipil licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.