MAYERHOFF ANALISIS DAYA DUKUNG FONDASI TIANG PANCANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DAN MENGGUNAKAN APLIKASI ALLPILE

Authors

  • Fahmi Rizki Kurniawan Universitas Sangga Buana
  • Chandra Afriade Siregar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v3i1.1249

Keywords:

Aplikasi AllPile, Metode Mayerhoff, Tiang Pancang

Abstract

Fondasi dalam adalah fondasi yang di pasang saat kondisi lapisan tanah keras secara relatif dalam dan tidak memungkinkan digunakan fondasi dangkal. Selain itu, fondasi dalam juga dapat mengkomodirkan beban aksial dan lateral yang relative cukup besar. Secara umum, fondasi dalam dikategorikan 2 jenis berdasarkan metode instalasinya, yakni fondasi tiang pancang dan fondasi borpile. Pada studi ini, pembangunan shalter air compressor fasilitas penyediaan gas untuk tenaga mesin gas yang diambil sebagai acuan adalah fondasi yang digunakan merupakan fondasi tiang pancang. Analisis dilakukan dengan mengunakan 2 metode yaitu Metode Mayerhoff dan analisa kapasitas daya dukung  fondasi tiang pancang  menggunakan aplikasi allpile pada pembangunan fasilitas penyediaan gas untuk tenaga mesin gas di Arar Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. Dari hasil analisis kapasitas daya dukung pondasi tiang pancang, dengan jenis pondisi berbentuk lingkaran dengan metode mayerhoff adalah 2607.123  Kn dan aplikasi allpile 2268.637  dengan perbandingan persentase 13%. Sedangkan untuk jenis pondasi persegi menggunakan metode mayerhoff adalah 3321.176 kn dan aplikasi allpilie 2268.637  dengan perbandingan persentase 13%. Maka  untuk perbandingan persentase antara jenis pondasi persegi dan lingkaran dengan metode mayerhoff adalah 22 %, untuk aplikasi allpile adalah 22 %. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa daya dukung pondasi tiang pancang empiris mayerhoff lebih besar di bandingakan aplikasi allpile dengan rata rata selisih 13 %, maka daya dukung pondasi tiang pancang persegi lebih besar di bandingkan dengan lingkaran dengan rata rata selisih 22%.

Author Biographies

Fahmi Rizki Kurniawan, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Sipil

Chandra Afriade Siregar, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Sipil

References

J. Pagehgiri, “Analisis Penggunaan Pondasi Mini Pile Dan Pondasi

Borpile Terhadap Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pembangunan Ruang

Kelas Smpn 10 Denpasar,” Extrapolasi J. Tek. Sipil, Vol. 8, No. 1, 2015.

N. Aminah, “Gedung Komersial Dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular Bugis-Soppeng Di Kabupaten Soppeng.” Universitas

Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019.

K. Supardi Hajo, “Analisis Daya Dukung Aksial & Horizontal Pondasi Tiang Pancang Pada Struktur Shear Wall Rumah Susun Unimed Medan.” Umsu, 2021.

C. D. S. Ningsih, “Menentukan Distribusi Ukuran Butir-Butir Tanah

Untuk Tanah Yang Tidak Mengandung Butir Tertahan Saringan Nomor 10 (Hidrometer),” J. Ilmu Tek., Vol. 2, No. 1, 2022.

W. A. D. W. I. Bekti And S. Novita Sari, “Analisis Pemahaman Pemilik Bangunan Terhadap Identifikasi Bangunan Sesuai Dengan Aplikasi Asesmen Cepat Bangunan (Acebs) Pada Daerah Kalirejo, Kabupaten Kulon Progo.” Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, 2021.

M. Arivai And M. Setiawati, “Analisa Daya Dukung Tiang Pancang Hotel Santika Premiere Palembang (Studi Kasus: Kel. Talang Jambe, Kec. Sukarame),” Bear. J. Penelit. Dan Kaji. Tek. Sipil, Vol. 4, No. 3, Pp. 84–88, 2017.

M. Muthmainnah, “Analisis Kapasitas Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Pancang Dengan Variasi Dimensi,” 2021.

A. Pramesty, “Analisis Deformasi Tanah Pada Titik Bor 1 Hasil

Pengujian Sondir Di Lapangan Pada Proyek Pembangunan Flyover Di

Jalan Tuanku Tambusai–Jalan Soekarno Hatta Kota Pekanbaru Dengan Menggunakan Plaxis 2d.” Universitas Islam Riau, 2020.

L. Lindawati, S. Nabilah, And S. Sutikno, “Perhitungan Dinding

Penahan Tanah Pada Proyek Jalan Tol Di Depok,” In Prosiding Seminar

Nasional Teknik Sipil, 2019, Vol. 1, No. 1, Pp. 597–605.

F. Syaifullah, “Analisa Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Bored Pile Pada Proyek Tol Medan-Kualanamu- Tebing Tinggi (Studi Kasus).” 2018.

Downloads

Published

2023-08-08