UJI LABORATORIUM PEMANFAATAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR

Ari Setia, Didin Kusdian

Abstract


Beton adalah kombinasi campuran antara semen, pasir, kerikil dan air yang diaduk dengan homogen sehingga menjadi kesatuan yang kuat dan kokoh. Indonesia merupakan Negara berkembang dalam infrastruktur konstruksi, hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya pembangunan konstruksi diindonesia dengan menggunakan beton. Dalam proses pembangunan ini tentu proses pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak akan lepas dari kebutuhan suatu material atau bahan-bahan tertentu. Sehingga suatu konstruksi bangunan dalam pelaksanaannya dapat menghasilkan bangunan yang kuat dan utuh sesuai dengan yang diharapkan. Karena limbah beton ini begitu banyak ditemukan maka pada penelitian kali ini peneliti melakukan penelitian dengan campuran limbah beton sebagai pengganti agregat kasar sebanyak 50% dan 100% limbah beton. Hasil penelitian kali ini dengan beton normal yang memiliki kuat tekan yang paling tinggi, dan diikuti dengan campuran limbah beton dengan kuat tekan yang terendah. Pengujian yang dilakukan pada penelitian yaitu pengujian slump test dan pengujian kuat tekan beton yang dilakukan pada umur beton 7 hari dan pada umur 14 hari. Hasil dari penelitian kali ini didapat dengan kuat tekan tertinggi yaitu beton normal 14 hari yaitu 17,36 MPa dan nilai kuat tekan terkecil yaitu beton dengan campuran limbah beton 100% umur 7 hari yaitu 11,32 MPa.%.


Keywords


Beton; Limbah Beton; Kuat Tekan

Full Text:

PDF

References


A.Andhikatama (2013). Pemanfaatan Limbah Beton Sebagai Pengganti Agregat Kasar Pada Campuran Asphalt Concret Wearing Course Gradasi Kasar.

SS Munthe . (2019 ). Pemanfaatan Limbah Pecah Beton Sebagai Pengganti Sebagai Agregat Terhadap Kuat Tarik Belah Dengan FAS 0,3 dan 0,5.

Ir. MT. Dr. techn., P. A., & Ir. MSc. Prof. IP-U HAKI, R. P. (2010). Pengendalian Mutu Beton Sesuai SNI, ACI, dan ASTM. Surabaya: ITSPress.

Nurlatipah, S. (2018 ). Uji Laboratorium Beton Ramah Lingkungan Dengan Subsitusi Pada Agregat Halus. Bandung: Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana (USB) - YPKP.

Panitia Pembaruan Beton Bertulang Indonesia. (1971). Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971 N.I. -2. Bandung: Direktorat Penyeledikan Masalah Pembangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.

Putra, A. F. (2015). Karakteristik Beton Ringan Dengan Bahan Pengisi Styrofoam. Makassar: Jurusan Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

Ajeng, K, C. (2020). Uji Laboratorium Pemanfaatan Abu Sekam Sebagai Filler Pada Agregat Halus Terhadap Kuat Tekan Beton. Bandung: Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana YPKP..




DOI: https://doi.org/10.32897/simteks.v2i1.1650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sistem Infrastruktur Teknik Sipil (SIMTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Teknik Sipil  
Fakultas Teknik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2655-8149
e-ISSN: 2807-842X 

 

Creative Commons License
SIMTEKS by Program Studi Teknik Sipil licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

">View My Stats