ANALISA STATIK DAN DINAMIK JEMBATAN SEI DAREH, DHARMASRAYA, SUMATERA BARAT

Muhammad Syukri, Yayu Fitriyani, Didin Kusdian

Abstract


Diadakannya analisa statik dan dinamik jembatan Sei Dareh, Dharmasraya, Sumatera Barat bertujuan untuk mengetahui kondisi aktual struktur jembatan di bawah beban-bebanpengujian dan untuk mengetahui kualitas konstruksi serta kondisi layak struktur jembatan sebelum difungsikan untuk umum. Pengujian statik dilakukan dengan memberikan beban rencana sebesar 300 Ton dan 600 Ton. Pengujian ini dihentikan pada beban yang lebih rendah dari yang direncanakan yaitu 240 ton dari 300 ton dan 480 ton dari 600 ton karena terjadi lendutan yang lebih besar dari yang diijinkan. Hasil akhir pada saat pengujian unloading, jembatan ini memerlukan proses selama 24 jam untuk kembali pada kondisi awal dengan menyisakan deformasi pada P1- P2 sebesar 2mm dan deformasi sisa pada P2-P3 sebesar 3mm. jembatan ini-pun disebut sebagai jembatan pemalas atau the lazy bridge. Beberapa pengujian dinamik menunjukkan hasil frekuensi alami yang konsisten yaitu f = 1.18 Hz untuk puncak pertama dan f = 1.88 Hz untuk puncak kedua. Sedangkan hasil analisa memberikan frekuensi alami f = 1.186444 Hz. Hal ini menunjukkan bahwa model struktur dengan Midas sudah sesuai dengan hasil pengukuran di lapangan.


Keywords


Jembatan; Pengujian Statik; Pengujian Dinamik.

Full Text:

PDF

References


A. S. Alhusain, “Perkembangan Dan Rencana Pembangunan Infrastruktur Fisik Dalam Mendukung Pengembangan Industri Di Provinsi Sumatera Utara,” J. Ekon. Kebijak. Publik, Vol. 4, No. 1, Pp. 39–57, 2013.

S. S. Raksono, “Akseptibilitas Masyarakat Terhadap Aspek Operasi Dan Pemeliharaan Jembatan Cable Stayed Palibaja Di Sukabumi,” J. Sos. Ekon. Pekerj. Umum, Vol. 2, No. 1, 2010.

D. Ariadi, “Optimasi Tunedmass Damper Pada Bangunan Di Daerah Gempa Menggunakan Algoritma Genetika.” Uajy, 2014.

E. Wahyuni, “Studi Kelakuan Dinamis Struktur Jembatan Penyeberangan Orang (Jpo) Akibat Beban Individual Manusia Bergerak,” J. Tek. Sipil Itb, Vol. 19, No. 3, Pp. 181–194, 2012.

T. Kurniyati, “Deskripsi Pengaruh Parameter Terhadap Kestabilan Perilaku Sistem Bandul Ganda Sederhana.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2014.




DOI: https://doi.org/10.32897/simteks.v2i1.1651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sistem Infrastruktur Teknik Sipil (SIMTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Teknik Sipil  
Fakultas Teknik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2655-8149
e-ISSN: 2807-842X 

 

Creative Commons License
SIMTEKS by Program Studi Teknik Sipil licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

">View My Stats