IMPLEMENTASI BIM QS PADA PERENCANAAN STRUKTUR ATAS PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT PELAYANAN IBU DAN ANAK RSUP HASAN SADIKIN BANDUNG

Penulis

  • Ika Sartika Universitas Sangga Buana
  • Agus Rachmat Universitas Sangga Buana
  • Tia Sugiri Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v3i1.2565

Kata Kunci:

Project Planning, BIM QS, BIM QS Implementation

Abstrak

Proyek pembangunan Gedung Pusat Pelayanan Ibu dan Anak (Mother and Child Health Care Center) RSUP. Dr. Hasan Sadikin Bandung direncanakan akan menerapkan teknologi tinggi mengacu pada konsep tematik bangunan yaitu Green Hospital, High Technology dan Green Building. Merujuk pada PP Nomor 16 Tahun 2021 itu dijelaskan bahwa salah satu kriteria pada konstruksi dengan padat teknologi wajib menggunakan BIM paling sedikit sampai 5D yaitu sampai dengan quantity. Namun pada peraturan tersebut tidak dijelaskan secara rinci mengenai BIM seperti apa yang harus diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alur implementasi BIM QS, perbandingan hasil keluaran (output) pekerjaan quantity surveying menggunakan BIM QS dan perhitungan manual dan alternatif platform BIM QS lainnya yang efektif digunakan untuk pekerjaan quantity surveying pada perencanaan struktur atas proyek tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu Analytic Hierarchy Process (AHP) menggunakan program Expert Choice. Hasil analisis menggunakan Cubicost menunjukkan bahwa hasil quantity tidak jauh berbeda dengan perhitungan manual, namun terdapat keunggulan dari segi keakuratan quantity, kemudahan merevisi dan integrasi dengan platform BIM yang lain. Sedangkan hasil AHP menunjukkan alternatif plaform BIM QS yang efektif digunakan adalah Revit.

Referensi

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. 2018.

C. F. Mieslenna, B. Penelitian, and K. Pupr, “Mengeksplorasi Penerapan Building Information Modeling (BIM) Pada Industri Konstruksi Indonesia Dari Perspektif Pengguna,” J. Sos.Ekon. Pekerj. Umum, vol. Vol 11, No, pp. 44–58, 2019.

A. Adhikari, “The Impact Of BIM On Quantity Surveyor ’ S Role -The Contractor The Impact Of BIM On Quantity Surveyor ’ S Role - The,” no. November 2018, 2019.

B. Santoso, MANAJEMEN PROYEK: Konsep dan Implementasi, Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

I. Widiasanti and Lenggogeni, Manajemen Konstruksi, Pertama.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

O. P. S. Ardianto, T. A. Kristianto, C. A. Budianto, A. A. Rucitra, and A. Wardoyo, “Evaluasi Media Presentasi Perancangan Interior Rumah Air Surabaya Berbasis Virtual Tour sebagai Usaha Penerapan Building Information Modelling pada Perancangan Interior,” J. Desain

Inter., vol. 4, no. 1, p. 11, 2019.

“Peraturan Menteri PUPR RI No. 22/PRT/M/2018 Tentang

Pembangunan Bangunan Gedung Negara,” 2018.

Y. Rahmayanti and L. Sihombing, “Peran Quantity Surveyor Untuk

Mengurangi Risiko Cost Overrun Pada Proyek Gedug Tinggi Di DKI Jakarta 1,” pp. 463–470, 2020.

A. Ashworth, Perencanaan Biaya Bangunan. Jakarta, 1994.

L. M. Yulyantara and I. P. Wijaya, Manajemen Model Pada Sistem

Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2019.

Diterbitkan

2023-08-08

Terbitan

Bagian

Articles