KAJIAN TINGKAT RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN UNDERPASS (PEMBANGUNAN UNDERPASS BULAK KAPAL)

Authors

  • Edy Sumaryono Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v3i1.2606

Keywords:

Risiko, Konstruksi, Underpass

Abstract

Konstruksi merupakan salah satu sektor yang memiliki risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Berbagai penyebab utama kecelakaan kerja pada proyek konstruksi adalah hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik proyek konstruksi yang bersifat unik yaitu lokasi kerja yang berbeda-beda, terbuka, dipengaruhi cuaca, waktu pelaksanaan yang terbatas, dinamis, menuntut ketahanan fisik yang tinggi serta banyak menggunakan tenaga kerja yang tidak terlatih dan melibatkan tenaga kerja yang cukup besar. Dalam rangka meminimalisir terjadinya risiko pada proyek Pembangunan Underpass Bulak Kapal, maka perlu dilakukan kajian terhadap jenis-jenis risiko apa yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor  risiko apa saja yang terjadi, serta  untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor risiko yang terjadi pada saat pelaksanaan proyek Pembangunan Underpass Bulak Kapal. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data  dalam penelitian ini terdiri dari kuesioner, uji statistik, uji hipotesis. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji statistic menggunakan SPSS 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik dan analisis verifikatif  untuk faktor alam dan lingkungan dengan konstribusi sebesar 0.342, faktor penerapan keselamatan dan kesehatan kerja sebesar 0.243, dan faktor kelalaian manusia memberikan konstribusi sebesar 0.179. Total konstribusi semua faktor atau sub-variabel dari kemungkinan terjadinya risiko terhadap Pembangunan  Underpass Bulak Kapal adalah 65,4 %, sementara sisanya sebesar 34,6 % berasal dari variable lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

 

References

V. Y. Enderzon, “Identifikasi Risiko Proyek Konstruksi Flyover Dan

Underpass Di Indonesia (Kajian Literatur),” Rekayasa Sipil, Vol. 14,

No. 2, Pp. 104–111, 2020, Doi: 10.21776/Ub.Rekayasasipil.2020.014.

4.

S. Ramli, Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja

Ohsas 18001, Vol. 1. 2010.

N. P. Hutahuruk, “Analisis Potensi Bahaya Pada Pekerja Proyek

Underpass Titikuning Pt Hutama Karya Medan Tahun 2018,” Skripsi, P.

, 2019, [Online]. Available: Http://Repositori.Usu.Ac.Id/Handle/1

/26467.

L. J. Susilo, Manajemen Risiko Berbasis Iso 31000:2018 : Panduan Untuk Risk Leaders Dan Risk Practitioners. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2018.

M. Hanafi, Manajemen Resiko. Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajamen Ykpn. Yogyakarta, 2006.

I. G. Agung, I. Mas, W. S. Kristinayanti, I. G. Made, And O.

Aryawan, “Manajemen Risiko Proyek Pembangunan Underpass Gatot

Subroto Denpasar,” J. Akuntansi, Ekon. Dan Manaj. Bisnis, Vol. 4, No.

, Pp. 1–6, 2016.

P. A. Nursyachbani And N. Susanto, “Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Underpass Jatinengaleh Semarang Dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fma),” Ind. Eng. Online J., Vol. 6, No. 4, P. Hal. 1-7, 2018, [Online]. Available: Http://Garuda.Ristekbrin.Go.Id/Documents/Detail/1420769.

M. Loosemore, Risk Management In Projects. Tayor & Francis, 2006.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm

Spss 19. 2011.

Downloads

Published

2023-08-08