IDENTIFIKASI PRAKTIK KNOWLEDGE MANAGEMENT DI PERUSAHAAN JASA KONSULTANSI KONSTRUKSI

Authors

  • Heri Permana Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana
  • Tia Sugiri Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana
  • Agus Rachmat Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana
  • Chandra Afriade Siregar Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v3i2.2823

Keywords:

knowledge management, praktik, konsultansi, konstruksi

Abstract

Manajemen pengetahuan sangat berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir sebagai cara yang spesifik dan terancam untuk menangkap, menyusun, dan menggunakan informasi pengetahuan yang terkandung di perusahaan secara efektif dan efisien, dan untuk berbagi pengetahuan. Salah satu faktor yang dapat menimbulkan inovasi adalah manajemen pengetahuan yang diterapkan. Maka dari itu pengetahuan di suatu harus diatur dicatat menggunakan konsep knowledge management. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan praktik knowledge management di perusahaan jasa konsultansi. Menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, analisisnya dengan software NVivo Plus 11. Peneliti melakukan penelitian di tiga perusahaan yaitu PT. Biro Arsitek dan Insinyur Sangkuriang, PT. Penta Rekayasa dan PT. Ciriajasa Cipta Mandiri dengan sembilan orang informan. Hasil analisis praktik knowledge management pada perusahaan jasa konsultansi konstruksi sudah menerapkan knowledge management dengan baik. Adapun kendala dalam praktik Knowledge management dalam proses mengelola organisasi pada perusahaan PT. Biro Arsitek dan Insinyur Sangkuriang, PT. Penta Rekayasa dan PT. Ciriajasa Cipta Mandiri PT. Biro Arsitek yaitu sub indikator: Technological infrastructure dan Organizational culture. Faktor yang dominan pada jenis praktik Knowledge management pada perusahaan jasa konsultansi yaitu sub indikator: Knowledge acquisition (Akuisisi pengetahuan).

References

A. Budihardjo, Knowledge Management: Efektif Berinovasi Meraih Sukses. Prasetiya Mulya Publishing, 2017.

Sampurno, Peran aset nirwujud pada kinerja perusahaan: studi Industri farmasi Indonesia. Yogyakarta, 2007.

A. Seleim and O. Khalil, “Knowledge Management and Organizational Performance in the Egyptian Software Firms,” Int. J. Knowl. Manag., vol. 3, no. 4, pp. 37–66, 2007, doi: 10.4018/ijkm.2007100103.

Munir, Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sangkala, Knowledge management. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.

Hendrik, “Sekilas tentang knowledge management,” Artik. Pop. IlmuKomputer.Com, 2003.

J. Darroch, “No TitleDeveloping a measure of knowledge management behaviors and practices,” J. Knowl. Manag. Vol. 7 No. 5, pp. 41-54., 2003, doi: https://doi.org/10.1108/13673270310505377.

Singh dan Kant, “Knowledge management barriers: an interpretive structural modelling approach, international journal of management science and engineering management,” 2008.

T. J. Wibowo, “Pengukuran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Knowledge Management,” Jurnal Industrial Servicess, vol. 1, no. 1. 2015.

R. Waluyo, “Identifikasi Praktik Knowledge Management Pada Konsultan Proyek Konstruksi,” Semin. Nas. ke-2 Sains, Rekayasa Teknol. …, pp. 17–18, 2017.

Downloads

Published

2023-09-30