ANALISIS TINGKAT KEPUASAN USER TERHADAP KINERJA KONTRAKTOR (STUDI KASUS PERAWATAN GEDUNG PERKANTORAN POLDA JABAR)

Authors

  • Deni Kurnia Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v3i2.2853

Keywords:

CSI, IPA, GAP, Kepuasan

Abstract

Berdasarkan penelitian, Tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap kinerja kontraktor dalam pemeliharaan dan perawatan bangunan Gedung, diperoleh nilai CSI sebesar 73,10, dengan  kriteria nilai tersebut berada pada rentang 66 – 80, sehingga dapat dikatakan bahwa Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Konstruksi terhadap Kinerja Kontraktor pada Pemeliharaan Bangunan Gedung Perkantoran berada pada kategori PUAS. Dengan 26 pertanyaan  dengan nilai GAP positif, sebanyak 6 pertanyaan dengan nilai GAP nol (0) dan 10 pertanyaan dengan nilai GAP bernilai negatif (-). Hal ini menunjukan bahwa indikator kepuasan mengenai kinerja kontraktor yang diukur telah sesuai bahkan sebagian besar melebihi harapan dari para pengguna jasa, yakni terlihat dengan banyaknya item pertanyaan yang memiliki nilai GAP positif(+). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig 0,002 (<0,05) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara skor harapan (kepentingan) dengan skor persepsi (kepuasan/kinerja aktual), dan jika mengacu pada hasil perhitungan GAP dimana lebih banyak nilai GAP yang bernilai positif (+) maka menandakan bahwa skor persepsi (kepuasan/kinerja aktual) lebih besar dibanding skor harapan (kepentingan). Hal ini menunjukan bahwa pengguna jasa telah puas akan kinerja kontraktor pada pelayanan, pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung perkantoran. Dalam peta IPA banyak tersebar di kuadran II dan III, hal ini menunjukan bahwa banyak indikator yang perlu dipertahankan prestasinya dan banyak indikator yang masih menjadi prioritas rendah, sedangkan di kuadran I beberapa indikator harus menjadi prioritas utama dalam meningkatkan kinerja demi kepuasan pelanggan.

 

References

Peraturan Pemerintah Republik indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung. 2021.

W. R. Hudson, W. Uddin, and R. Haas, Public Infrastructure Asset Management, Second Edi. New York, 1997.

K. Usman and R. Winandi, “Kajian Manajemen Pemeliharaan Gedung (Building Maintenance) Di Universitas Lampung,” J. Artic. // J. Rekayasa Tek. Sipil Univ. Lampung, 2009.

A. B. Gede putu, I. . Adnyna Rai, and I. . Widhiawati Rai, “Iplementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 Pada Proyek Alaya Resort Ubud,” urnal Ilm. Elektron. Infrastruktur Tek. Sipil, vol. 2, 2013.

D. Bintoro M.T and D. Daryanto, Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Cetakan pe. Yogyakarta, 2017.

F. Rahayuningsing, “Survei Peningkatan Mutu Berkelanjutan Melalui Pemantauan Dan Pengukuran Kepuasan Pemustaka,” 2015.

P. Kotler and K. Lane Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta, 2009.

A. V. Zeithaml, jo M. Bitner, and D. D. Gramler, Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm. Boston: McGraw Hill, 2009.

E. Mamang Sangadji and Sopiah, Perilaku Konsumen. Yogyakarta, 2013.

A. S. Usman, “Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Penerapan Manajemen Rekayasa Konstruksi Profesional Ruko Di Kawasan Bussiness Park Kota Gorontalo,” MEDIA Eng., vol. 3 No.1, 2013.

Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, New editio. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

R. Lupiyoadi and A. D. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, 2nd ed. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

A. Ulumudin and E. Ali, “Pengaruh Manajemen Proyek Satuan Organisasi Perangkat Daerah ( SOPD ) Terhadap Kinerja Pengawasan Dalam Mewujudkan Efektivitas Dosen Tetap Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Garut,” J. Pembang. dan Kebijak., vol. 06, no. 01, pp. 29–32, 2015.

W. I. Ervianto, “Studi Pemeliharaan Bangunan Gedung (Studi Kasus Gedung Kampus),” Jur. Tek. Sipil, Fak. Tek. ,Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2007.

P. D. Sugiyono, statistika untuk penelitian. bandung: alfabeta, 2007.

P. D. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. bandung: alfabeta, 2011.

Downloads

Published

2023-09-30