PERKEMBANGAN METODE EVALUASI KINERJA KONTRAKTOR DALAM ASPEK MUTU STUDI KASUS: BANGUNAN GEDUNG PERKANTORAN POLDA JABAR

Penulis

  • Endang Saputra Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/simteks.v4i1.2885

Kata Kunci:

Evaluasi, kinerja kontraktor, TQM, IPA

Abstrak

Pada penelitiaan menghasilkan penilaian terhadap kinerja kontraktor dari berbagai dimensi pengembangan metode evaluasi. Berdasarkan pada 6 dimensi pengembangan metode evaluasi berbasis TQM yang terdiri dari Kebijakan dan Strategi, Komitmen, Manajemen Proses, Manajemen SDM, Manajemen Sumber Daya dan Quality Awareness diperoleh nilai tingkat kinerja sebesar 75,83 menunjukan bahwa kinerja kontraktor berada pada kategori “Kinerja Baik”. Indikator yang memperoleh skor rata-rata kinerja tertinggi berdasarkan pendapat dari 50 responden diantaranya adalah tepat waktu dalam pembayaran termin,  pelaksanaan standar pemerintah dalam pekerjaan,  membuat perencanaan untuk setiap pekerjaan,  perhitungan resiko dan problem solving, serta  penggunaan peralatan dan teknologi modern. Berdasarkan matrik IPA terdapat beberapa indikator yang terletak pada kuadran I yang merupakan prioritas utama yang dinilai kinerjanya masih rendah sehingga perlu dilakukan perbaikan, yakni spesifikasi pengguna jasa yang berkaitan dengan fungsi keberadaan gedung yang digunakan harus sesuai dengan rencana dan kebutuhan pengguna jasa,   perencanaan waktu proyek yang efektif dan efisien yang berkaitan dengan pelaksanaan evaluasi dan monitoring pemeliharaan serta perawatan yang secara berkala harus dilakukan secara konsisten,  disiplin serta tanggung jawab yang berkaitan dengan pembentukan tim dan penunjukan koordinator pada setiap pekerjaan pemeliharaan gedung secara terarah.

Referensi

R. Harris, F. And Mccaffer, “Roles And Responsibilities Of Stakeholders Towards Ensuring Health And Safety At Construction Site,” J. Build. Constr. Plan. Res., Vol. 9. N0.1, 2021.

Permen, “Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung,” In Peraturan Pemerintah, 2021, P. 406.

A. Sari, “Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu Pada Pelaksanaan Konstruksi Jalan Di Provinsi Aceh,” Kuala, 2011.

A. Awalla, Eunika. Tulusan, Femmy. Laloma, “Pengembangan Kompetensi Asn Di Kantor Bkd Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud,” Adm. Publik, Vol. 4 No.56, 2018.

A. P. Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Pt Remaja Rosdakarya, 2005.

P. J. Simanjuntak, Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2005.

N. Taliziduhu, “Konsep Administrasi Dan Administrasi Di Indonesia,” In Konsep Administrasi Dan Administrasi Di Indonesia, Bina Aksara, 1989.

A. Sara Aprili, Insani. Supriatna, Eka. Triansyah, “Pengembangan Alat Blok Permainan Bola Voli,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 9 No.3, 2020, [Online]. Available: Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V9i3.39981.

W. N. Dunn, “Pengantar Analisis Kebijakan Publik,” In Pengantar Analisis Kebijakan Publik, 2nd Ed., Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003, P. 608.

K. Taryana, “Usulan Waktu Penggantian Optimum Komponen Mesin Gas Engine (Prechamber Gas Valve) Dengan Model Age-Based Replacement Di Pt. Xyz,” J. Teknol. Univ. Muhammadiyah Jakarta, Vol. 8 N0.1, 2016.

V. Gaspersz, Total Quality Management. 2002.

Jasuri, “Total Quality Management (Tqm) Pada Lembaga Pendidikan Islam.”

T. L Saaty, The Analytic Hierarchy Process. 1980.

D. Priyatno, “Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan Spss,” Cetakan I,., Yogyakarta : Gava Media, 2016.

M. Tjokrowinoto, Metodologi Penelitian. Universitas Brawijaya, 1981.

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Articles