Pengaruh Market Orientation Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Industri Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion di Social Commerce Kota Bandung)

Meidy Nurindah Hasri, Sri Widiyanesti

Abstract


Industri social commerce Indonesia memiliki hambatan dalam melakukan segmentasi pasar dan inovasi terutama dalam segi teknologi. Kota Bandung sebagai pelopor social commerce yang maju dan banyak bergerak di bidang fashion, maka kota dan sector tersebut dijadikan objek penelitian dalam penelitian ini. Dalam rangka untuk meningkatkan kinerja perusahaan, perusahaan perlu meningkatkan kemampuan orientasi terhadap pasar dan kemampuan inovasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketorientation terhadap kinerja perusahaan melalui inovasi sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kuantitatif. Responden dalampenelitian ini adalah setiap orang yang bekerja di dalam industri social commerce di Bandung dengan sector fashion sebanyak 121 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan minimum pengambilan sampel untuk penelitian SEM. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa marketorientation baik secara simultan dan parsial serta inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan pada industri social commerce sub sector fashion di Bandung.



Full Text:

PDF

References


Book:

Abdillah, Willy dan Jogiyanto (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif. Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis.

Ed.1. Yogyakarta: ANDI

Ramayah., Chuah, J., dan Memon, K. (2016). Partial Least Square Equation Modeling (PLS-SEM) using SmartPLS 3.0. Malaysia: Pearson

Rogers, Everett M (1983). Diffusion of Innovations, 5th Edition. New York: Free Press.

Kerjasama Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik (2016). Survei Khusus Ekonomi Kreatif (SKEK) 2016. Jakarta

Jurnal:

Aldas-Manzano, Joaquin., Küster, Inez., dan Vila, Natalia (2005),Market orientation and innovation: an interrelationship analysis. European Journal of Innovation Management, Vol. 8 Iss 4 pp. 437 – 452. Publishing by Emerald.

Bangchokdee, Sirilak., Mia, Lokman., dan Lunglertkrengkrai, Samkao (2013). Market Orientation, Nonfinancial Performance Measures, and Performance: Evidence from Thailand. Asia Pasific Management Accounting Journal Volume 8 Issue 2. Published by UiTM Press

Cheng, Colin C., dan Krumwiede, Dennis (2012). The role of service innovation in the market orientation—new service performance linkage. Technovation 32 (2012) 487–497. Retrieved from ScienceDirect.

Han, Jin K., Kim, Namwon., Srivastva, dan Rajendra, K (1998). Market Orientation and Organizational Performance: Is Innovation a Missing Link?. Journal of Marketing. Publishing by Researchgate.

Hair, Nel., Wetsch, Lyle R.., Hull, Clyde Eirikur., Perotti ,Victor., Hung, And Yu-ting Catsy. (2012), Market Orientation in digital entrepreneurship: Advantage and challenge 2.0 Networked World”, International Journal of Innovation and Technology Management Vol. 9, No. 6 pp. 1-18. Publishing by World Scientific.

Huhtala, Juho-Petteri., Sihvonen, Antti., Frösén, Johanna., Jaakkola, Matti., dan Tikkanen, Henrikki (2014). Market orientation, innovation capability and business performance, Baltic Journal of Management, Vol. 9 Iss 2 pp 134 - 152. Publishing by Emerald.

Johnston, Michael., Gilmore, Audrey., dan Carson, David (2008), Dealing with Environmental Uncertainty. European Journal of Marketing. Vol. 42 Iss 11/12 pp. 1170 – 1178. Publishing by Emerald.

Narver, J.C. and Slater, S.F. (1990), The effect of a market orientation on business profitability. Journal of Marketing, Vol. 54 No. 4, pp. 20-35. Publishing by EBSCO

Olughor, Rukevwe Juliet (2016). Effect of Innovation on the Performance of SMEs Organizations in Nigeria. Management 2015. 5(3): 90-95. Published by Sapub.org

Tuan, Nham., Nhan, Nguyen., Giang, Pham., dan Ngoc, Nguyen (2016). The Effects of Innovation on Firm Performance of Supporting Industries in Hanoi – Vietnam. Journal of industrial engineering and management. Published by Omnia Science

Wahyono (2002), Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume I, No. 1

Internet:

Gaw, Mario (2016, 28 Desember). Fintech talk: Maintaining market share of social commerce. Jakartapost.com. Diakses dari: http://www.thejakartapost.com/news/2016/12/28/fintech-talk-maintaining-market-share-of-social-commerce.html

Redaksi (2017, 18 April). Penjualan Social Commerce di Indonesia Kian Diminati. Elogistik.id. Diakses dari: http://elogistik.id/2017/04/18/penjualan-social-commerce-di-indonesia-kian-diminati/

Wijaya, Ketut Krisna (2015. 03 April). Fenomena pemanfaatan media sosial untuk berjualan di Indonesia. Techinasia.com. Diakses dari: https://id.techinasia.com/fenomena-pemanfaatan-media-sosial-untuk-berjualan-di-i




DOI: https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i1.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meidy Nurindah Hasri

Published by:

Program Studi S1 Administrasi Bisnis  
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2807-6478
e-ISSN: 2807-6524 

 

Creative Commons License
DImmensi by Program Studi S1 Administrasi Bisnis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.