Analisis Penggunan Media Sosial Untuk Peningkatan UMKM di Kawasan Cadas Pangeran Sumedang

Authors

  • Ajeng Nisa Kusuma Universitas Sangga Buana
  • Dede Ruhiyat Universitas Sangga Buana
  • Sania Yulianti Universitas Sangga Buana
  • Alfina Damayani Universitas Sangga Buana
  • Puteri Firdaus Universitas Sangga Buana
  • Iif Sofiyatun Nafisah Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v4i1.3408

Abstract

Saat ini banyak sekali orang lebih sering menggunakan media sosial sebagai pusat informasi dibanding dengan media lainnya. Untuk memanfaatkan hal tersebut, kami secara khusus menggagas penggunaan media sosial untuk membantu masyarakat khususnya di kawasan Cadas Pangeran Sumedang, Bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam memasarkan produk mereka dengan cara mengoptimalkan penggunaan teknologi. Kami ingin membantu masyarakat kawasan Cadas Pangeran dalam meningkatkan penguasaan teknologi informasi dan bisnis berbasis media sosial sebagai alat untuk mengenalkan dan memasarkan produk UMKM. Pembangunan jalan tol merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan mobilitas antar wilayah. Namun, pembangunan jalan tol juga dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat sekitar, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembangunan jalan tol terhadap dinamika bisnis UMKM di kawasan Cadas Pangeran Sumedang dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen terhadap 10 pelaku UMKM yang berada di sepanjang jalan Cadas Pangeran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan jalan tol berpengaruh terhadap aspek-aspek seperti omset, strategi dan pemasaran, inovasi produk, kemitraan, dan kesejahteraan pelaku UMKM. Secara umum, dampak pembangunan jalan tol lebih banyak bersifat negatif daripada positif bagi pelaku UMKM di kawasan Cadas Pangeran.  

References

Ahmad, F. salam. (2022). Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Tengah. JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.29244/jekp.11.1.2022.1-18

Aksoy, H. (2017). How do innovation culture, marketing innovation and product innovation affect the market performance of small and medium-sized enterprises (SMEs)? Technology in Society, 51, 133–141. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2017.08.005

Kementerian Koperasi dan UKM. (2020 June 29). Rencana Strategis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2020-2024. Retrieved from Kementerian Koperasi dan UKM: https://kemenkopukm.go.id/uploads/lapora n/1600168483_RENSTRA%202020- 2024%20OK.pdf

Mulyadi. (2016). Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nailah Rizkia. (2018). Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Dari Bank UMKM Syariah. Skripsi. Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Diakses melalui NAILAH RIZKIA-FEB.pdf (uinjkt.ac.id)

Nurdin, A. (2020). Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Terhadap Kinerja UsahaMikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 21(1), 1-16.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyo, H., & Siyamtinah. (2016). Innovation capability of SMEs through entrepreneurship, marketing capability, relational capital and empowerment. Asia Pacific Management Review, 21(4), 196–203. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2016.02.002

Rahayu, S. (2018). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Era Digital. Jurnal Ilmiah WIDYA, 6(2), 59-64.

Utami, A., 1, S., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Online) KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207

Downloads

Published

2024-02-29