Analisis Kinerja Karyawan Melalui Penerapan Key Performance Indicator (KPI) di PT Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat (Perseroda)

Authors

  • Hersusetiyati Hersusetiyati Universitas Sangga Buana
  • Winda Febrianti Universitas Sangga Buana
  • Ratna Deli Sari Universitas Sangga Buana
  • Aji Putri Yanshah Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v4i1.3411

Abstract

Setiap perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawannya dengan harapan tujuan perusahaan akan tercapai melalui penilaian yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Analisis Kinerja Karyawan Melalui Penerapan Key Performance Indicator (KPI) di PT Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat (Perseroda).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, model data, penarikan/verifikasi kesimpulan. Subjek dari penelitian kualitatif instrumen utamanya adalah peneliti. Hasil penelitian ini adalah (1) Penilaian kinerja karyawan dengan menerapkan Key Performance Indicator (KPI) yang dilakukan oleh PT Jaswita Jabar berjalan dengan optimal sehingga dapat mencapai target perusahaan dan menghasilkan produktivitas kerja yang meningkat. (2) PT Jaswita Jabar memaksimalkan penilaian kinerja karyawan dengan menerapkan Key Performance Indicator (KPI) dengan pemberian reward yaitu  memberikan kesejahteraan bagi karyawan dan punishment berupa pengembangan dan pelatihan karyawan, serta karyawan yang  telat mengisi KPI akan memiliki nilai kinerja 0 dan tidak memiliki hak lainnya (reward). (3) Dari ke lima indikator Key Performance Indicator (KPI) yang masih perlu diperhatikan yaitu aspek Healthy, Safety, Environment (HSE) karena kesehatan dan keselamatan karyawan menjadi poin utama ketika kinerja karyawan harus optimal dan tentunya untuk mencapai target perusahaan.

References

Arini soemohadiwidjojo T. (2017). KPI (Key Performance Indicator) untuk Perusahaan Jasa. Raih Asa Sukses.

Candra Wijaya, O. M. (2008). Produktivitas Kerja Analisis Faktor Organisasi, Kepemimpinan Spritual, Sikap Kerja, dan Motivasi Kerja untuk Hasil Kerja Optimal. In Nucl. Phys.

Fahmi, I. (2015). Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis, Irham Fahmi. Alfabeta.

Gilley, J.W dan Davidson, M. (2008). The Role pf Subordinate performance and ingratition in leader member exchanges. Journal of Applied Psychology 93(6), 1205–1215.

Hersusetiyati, H., & Sopyan, A. (2021). Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung Tahun 2019). In Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi) (Vol. 1, Issue 1, p. 49). https://doi.org/10.32897/dimmensi.v1i1.776

L. Gaol, C. J. (2019). A to Z Human Capital : Manajemen Sumber Daya Manusia (Cet 5). Grasindo.

Priadi, D. (2020). Pengaruh Kompensasi Non Finansial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt Krakatau Daya Listrik (Kdl) Cilegon Banten. Sains Manajemen, 6(2), 104–122. https://doi.org/10.30656/sm.v6i2.2313

Rnnanik, Eka Pariyanti, Syaiful Bakri, Buchori, Susi Sulastri, Dede, Tri Mardiono, Sugiono, M. G. M. (2021). Ilmu Manajemen di Era 4.0. Perbit Adab.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi: Organizational Behavior. In Salemba Empat : Jakarta.

Sikki, N., Nurmanditya, M. I., Mardiati, R., Priadi, M. D., & Suharsono, T. N. (2023). Innovations in E-Learning Applications: A Study of Educator Competence at the Education Center of the Women’s Army Corps. In 2023 9th International Conference on Wireless and Telematics (ICWT). IEEE, 1–6.

Downloads

Published

2024-02-29