Analisis Proses Inovasi pada Produk Belikopi

Authors

  • Nurhaeni Sikki Universitas Sangga Buana
  • Ine Cantika Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v4i1.3418

Abstract

Inovasi bisnis sangat penting bagi bisnis untuk berkembang dan bertahan dalam era persaingan yang ketat. Seperti halnya bisnis kedai kopi, yang saat ini mengalami peningkatan yang baik karena semakin banyaknya penggemar kopi di kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi apa yang telah dilakukan Belikopi dengan produknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat utama penelitian kualitatif adalah subjeknya. Namun, penelitian ini berfokus pada belikopi bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Belikopi telah melakukan inovasi pada produknya dengan mengeluarkan seri Nusantara, yang merupakan minuman berciri khas Nusantara Jawa Barat. Varian yang dikeluarkan termasuk Bandrek, Bajigur, dan STMJ, dan selama proses inovasi, terdapat beberapa hal yang ditemukan, seperti hambatan, cara produk disampaikan kepada konsumen, evaluasi inovasi, dan perusahaan menggunakan promosi untuk memperkenalkan produk terbarunya kepada konsumen.

Author Biography

Nurhaeni Sikki, Universitas Sangga Buana

Program Studi Administrasi Bisnis

References

Anjani, R. N., Pengaruh, H., Pelayanan, K., Kepuasan, D., Terhadap, P., & Pelanggan, L. (2023). 2009-6044-1-Pb. Dimmensi, 3(1), 1–12.

Darwin, M., & Sefudin, A. (2020). Perbandingan Teori Disrupsi Pada Marketing Di Era. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 25–39.

Databoks.katadata.co.id. 2018.“2021, Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai370RibuTon”.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/201 8/0 7/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370- ribu-ton#

Destiana Ika Nur Hidayanti, Muhammad Harun, M. A. (2023). Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan | 91 Manajemen Kolaborasi: Mengembangkan Ide dan Gagasan Kreatif untuk Membangun Inovasi di Era Industri 4.0. Manajemen Pendidikan, 01(01), 91–95.

Djan, I. (2019). PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada PT. Anugerah Pharmindo Lestari Cabang Bogor). Jurnal Ilmiah Binaniaga, 9(2), 1. https://doi.org/10.33062/jib.v9i2.336

Irmal, I., Kholili, I., Narimawati, U., Affandi, A., & Priadana, S. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Asana Sincerity Dorm Jakarta Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1175–1180. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.541

Nurul Khansa Fauziyah, & Aini Mahara. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam Pemasaran Kopi Gayo dan Pemberdayaan Masyarakat. Academic Journal of Da’wa and Communication, 3(2). https://doi.org/10.22515/ajdc.v3i2.5600

Ratna Deli Sari. (2023). Analisis Persepsi dan Preferensi Konsumen Pada Kualitas, Kemasan, Varian Rasa dan Merek Produk Kerupuk Melarat di Desa Belendung Karawang. Journal on Education, 06(01), 4543–4551.

Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience, 1(3), 548–562. https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i3.9129

Satmoko, N. D., Hersusetiyati, H., Priadi, M. D., & Yuniarsih, Y. (2023). Manajemen Rantai Pasokan Pada Kegiatan Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja Ukm. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 383–388. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4287

Downloads

Published

2024-02-29