PENGUKURAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Phitsa Mauliana, Slamet Risnanto

Abstract


Sistem Informasi Akademik (SIA) dirancang dan dibangun secara khusus untuk memenuhi kebutuhan universitas yang menginginkan layanan pendidikan terkomputerisasi untuk meningkatkan kualitas terhadap kinerja, layanan, dan daya saing dari Sumber Daya Manusia (SDM). Universitas Sangga Buana Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (USB YPKP) menggunakan SIA yang dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi (PUDI) sebagai sector utamanya. Sistem ini sudah meliputi alur perkuliahan diantaranya mata kuliah, kalender akademik, penjadwalan kuliah, data mahasiswa, KRS mahasiswa, nilai mahasiswa, KHS mahasiswa, sampai dengan penjadwalan dosen. Akan tetapi, masih belum cukup parameter pengukuran terhadap penggunaan SIA pada universitas tersebut. Pada penelitian ini diajukan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengukur penggunaan SIA yang sebenarnya oleh dosen USB YPKP. Hasil kajian penelitian pada proses akhir yaitu niat perilaku menggunakan sistem ternyata tidak dapat memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan SIA yang sebenarnya bagi dosen USB YPKP. Penelitian ini memaparkan niat subjektif terhadap perilaku objektif dosen untuk terlibat langsung dalam interaksi aktual dengan SIA yang telah diterapkan pada USB YPKP

Keywords


Sistem Informasi Akademik, Human-Centered, Technology Acceptance Model, USB YPKP

Full Text:

PDF

References


. Al-Azawei, A., Parslow, P., & Lundqvist, K. (2017). Investigating The Effect of Learning Styles in A Blended E-Learning System: An Extension of The Technology Acceptance Model (TAM). Australasian Journal of Educational Technology, 33(2).

. Brown, S. A., Venkatesh, V., & Goyal, S. (2014). Expectation Confirmation in Information Systems Research: A Test of Six Competing Models. MIS Quarterly, 38(3).

. Davis, F. D., & Venkatesh, V. (2004). Toward Preprototype User Acceptance Testing of New Information Systems: Implications for Software Project Management. IEEE Transactions on Engineering Management, 51(1), 31-46.

. Doleck, T., Bazelais, P., & Lemay, D. J. (2017). Examining The Antecedents of Facebook Acceptance via Structural Equation Modeling: A Case of CEGEP Students. Knowledge Management & E-Learning, 9(1), 69.

. Gokcearslan, S. (2017). Perspectives of Students on Acceptance of Tablets and Selfdirected Learning with Technology. Contemporary Educational Technology, 8(1), 40-55.

. Hamari, J., & Keronen, L. (2017). Why Do People Play Games? A Meta-Analysis. International Journal of Information Management, 37(3), 125-141.

. Indrayani, E. (2013). Management of Academic Information System (AIS) at Higher Education in The City Of Bandung. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 628-636.

. Khosla, R., Sethi, I. K., & Damiani, E. (2013). Intelligent Multimedia Multi-Agent Systems: A Human-Centered Approach (Vol. 582). Boston: Springer Science & Business Media.

. Luić, L., & Galinec, D. (2015). Social Dimension of Short-Term and Long-Term Alignment in the Strategic Planning of an Integrated Higher Education Information System. International Journal of Society Systems Science, 7(4), 299-313.

. Maruping, L. M., Bala, H., Venkatesh, V., & Brown, S. A. (2017). Going Beyond Intention: Integrating Behavioral Expectation Into the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Journal of The Association for Information Science and Technology, 68(3), 623-637.

. Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. Chichester: John Wiley & Sons.

. Stair, R., & Reynolds, G. (2017). Fundamentals of Information Systems (9th ed.). Boston: Cengage Learning.

. Usmanij, P. A., Chu, M. T., & Khosla, R. (2013). lAn Evaluation on The Use of ERP System in A Tertiary Education Institution in Australia: Lessons Learned. ASEAN Journal of Economics, Management and Accounting, 1(2), 55-77.

. Wiguna, W. (2017). Adopsi Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi BSI Bandung Berbasis TAM. Jurnal Informatika, 4(2), 189-197.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License