Pengaruh Persepsi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Saham di Pasar Modal

Authors

  • Jaenudin Jaenudin Universitas Sangga Buana
  • Hadi Ahmad Sukardi Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jemper.v3i2.743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi dapat berpengaruh terhadap minat berinvestasi saham di pasar modal. Dengan sampel yang di ambil dari penelitian ini dari anggota investor Galeri Investasi Universitas Sangga Buana YPKP 90 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, yaitu menggambarkan persepsi investasi terhadap minat berinvestasi. Dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Dengan pernyataan kuesioner yang berupa data ordinal dan ditransformasikan menjadi data interval dengan Method Successive Interval (MSI) yang nantinya di uji validitas, reliabilitas, normalitas serta model regresi untuk menjawab penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa persepsi tentang investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham di pasar modal serta mampu menjelaskan secara nyata sebesar 3,2%.

Kata kunci: Persepsi, Minat, dan Investasi

Author Biography

Jaenudin Jaenudin, Universitas Sangga Buana

Starta Manajemen

Downloads

Published

2021-08-15

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan - Juli - Desember 2021