PENGARUH PAJAK PERTAMBAHAN NILAI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK

Hartanti Hartanti, Dwiyatmoko Pujiwidodo, Devi Angel Nikita Sianturi

Abstract


Pajak Pertambahan nilai muncul karena adanya faktor-faktor produksi disetiap jalur produksi dalam menyiapkan, menghasilkan, menyalurkan dan memperdagangkan barang atau pemberian jasa kepada para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh / kontribusi Pajak Pertambahan Nilai  terhadap Penerimaan pajak. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan uji statistik yaitu Uji korelasi, koefisien determinasi, uji t dan persamaan Regresi. Data berupa Pajak Pertambahan Nilai (X) dan Penerimaan Pajak (Y) pada KPP pratama Jakarta-Duren Sawit tahun 2013-2017. Hasil Penelitian uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang kuat, positif dan siqnifikan antara Pajak Pertambahan Nilai dengan Penerimaan Pajak. Uji determinasi  menunjukkan Penerimaan Pajak dipengaruhi oleh penerimaan Pajak Pertambahan Nilai sebesar 79,4%% dan sisanya sebesar 20,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Uji t menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Pajak Pertambahan Nilai dengan Penerimaan Pajak, sedangkan uji persamaan regresi menunjukkan ada persamaan regresi signifikan yang terbentuk yaitu Y = 4,107+ 0,849X antara kedua variabel tersebut.


Keywords


Pajak Pertambahan Nilai (PPN); Penerimaan Pajak

Full Text:

PDF

References


Mardiasmo. (2016). Perpajakan. (E.HS, Ed.). Yogyakarta: CV andi.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan. (Maya, Ed.). Yogyakarta.

Salman, K. (2017). Perpajakan PPh dan PPN. (S. Bambang, Ed.) (cetakan 1,). Jakarta: INDEKS.

Trisnayanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2015). PENGARUH SELF ASSESSMENT SYSTEM , PEMERIKSAAN PAJAK , DAN PENAGIHAN PAJAK PADA PENERIMAAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia. Akuntansi Universitas Udayana, 1, 292–310. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/13012%0D




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v3i1.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats