Estimasi Biaya Awal Pembangunan Hotel Dengan Metode “Cost Significance Model”

Eris Rakhmat Santosa, Agus Rachmat, Yushar Kadir

Abstract


Pada permulaan perancangan sebuah proyek biasanya seperti kelengkapan dokumen gambar, spesifikasi teknis dan lain lainnya belum tersusun lengkap, sehingga perhitungan biaya secara akurat tidak mungkin bisa dilakukan. Di satu sisi Pemilik Proyek (Owner) sedini mungkin sangat memerlukan perhitungan biaya.  maka diperlukan suatu teknik pembuatan model estimasi biaya yang sederhana, cepat, mudah dan akurat. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk bisa  memberikan masukan dan gambaran mengenai anggaran awal proyek sedini mungkin dalam waktu yang singkat dengan hasil perhitungan yang cukup akurat dengan maksud menganalisis dan mengestimasi biaya awal pembangunan hotel di Kota Bandung menggunakan Metode Cost Significant Model. . Hasil penelitian menunjukan pekerjaan struktur, arsitektur dan elektrikal berpengaruh secara signifikan  terhadap total biaya pembangunan hotel di Kota Bandung, dimana 81,60% biaya total pekerjaan dipengaruhi oleh Pekerjaan Arsitektur, Struktur dan Elektrikal. Perinciannya adalah Pekerjaan Arsitektur 38,54%, Pekerjaan Struktur 28,52% dan Pekerjaan Elektrikal 14,54%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh pekerjaan lain. Akurasi model estimasi pembangunan hotel dengan metode “Cost Significant Model” Di Kota bandung adalah berkisar antara -4,06% sampai dengan 14,03% dengan rata-rata 6,98%, sedangkan akurasi estimasi berdasarkan estimasi metoda parameter berkisar antara -0,33% sampai dengan 33,28% dengan rata-rata 14,17%. Sehingga jelas dengan menggunakan metode “Cost Significant Model” menghasilkan estimasi yang lebih teliti dibandingkan dengan metode parameter luas bangunan sebagai estimasi awal pembangunan hotel di Kota Bandung.

References


Ngir Tjuk Hirwo,.(2017), “Estimasi Biaya Awal Pembangunan Apartemen Dengan Metode “ Cost Significant Model”, Program Pasca Sarjana, Teknik Sipil, Universitas Sangga Buana, Bandung.

Hajek, Victor G., Prijono, Arko, M.S.E (1994), “Manajemen Proyek Perekayasaan”, Edisi Ketiga, Erlangga. (1994), “Manajemen Proyek Perekayasaan”, Edisi Ketiga, Erlangga.

Indrawan, Gede Sony. 2011. Estimasi Biaya Pemeliharaan Jalan Dengan “Cost Significant Model” Studi Kasus Pemeliharaan Jalan Kabupaten di Kabupaten Jembrana (tesis). Denpasar: Universitas Udayana.

Poh, Paul S.H. dan Horner, R. Malcom W. 1995. “Cost-Significant Modelling – Its Potential for Use in South-eastAsia”, Engineering, Construction and Architectural Management. Vol. 2 Iss: 2. Pp. 121-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 1979-4835 | e-ISSN: 2721-2335

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats