ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-SURAT ARSIP DI KANTOR KECAMATAN TANJUNGSIANG KABUPATEN SUBANG BERBASIS WEB

Authors

  • Jeni Gunandar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2022.4.0.1934

Abstract

Arsip adalah dokumen penting yang disimpan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan saat dibutuhkan. Kearsipan memegang peranan penting di kantor kecamatan Tanjungsiang, sehingga diharapkan proses pengelolaan arsip dapat dilakukan dengan benar, cepat dan mudah. Catatan yang tidak dikelola dengan benar dapat mempersulit pencarian informasi tentang data arsip yang Anda butuhkan dan menghambat tugas lainnya. Oleh karena itu, kearsipan harus dikelola dalam suatu sistem pengelolaan yang tepat dan benar.Tulisan ini membahas tentang analisis dan perancangan sistem informasi pengarsipan dokumen surat masuk dan surat keluar berbasis web. Sistem informasi arsip yang memenuhi persyaratan Kantor Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Perancangan sistem informasi ini didasarkan pada perancangan sistem yang dibuat dengan menggunakan use case diagram, activity diagram dan sequence diagram. Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang masih menggunakan cara manual dalam pengelolaan arsip. Oleh karena itu, diharapkan sistem ini dapat mendukung pekerjaan terkait pengelolaan arsip di instansi kecamatan. Sehingga diharapkan sistem ini dapat mendukung pekerjaan di kantor kecamatan Tanjungsiang terkait dengan pengelolaan arsip.

References

Mulyadi. Efektivitas Sistem Kearsipan Dinamis (SIKD) Sebagai Sarana Temu Kembali Arsip Di Dinas Arsip, Perpustakaan Dan Dokumentasi (ARPUSDOK) Kota Palembang. JIPI (Jurnal Ilmu Perpust dan Informasi). 2018;3(1):50–73.

Surabaya LR (Universitas B. Barang Guna Meningkatkan Pengendalian Intern Pada Ud . Langgeng Jaya Di Sidoarjo. :60–70.

Rusdiana HA, Irfan M. Sistem Informasi Manajemen. Sist Inf Manaj. 2014;5–387.

Rahayu S, Sari AR, Saputra TS. Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. SENSI J. 2018;4(1):1–8.

Susanti M. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta. Informatika. 2016;3(1):91–9.

Sarintan Kaharu Sarinta, Oki sakina. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Akademik. Peranc Sist Inf Pengolah Data Akad Pada TK Al-Hidayah Lolu. 2016;2(1).

Ruddell BL, Kumar P. Unified modeling language. Hydroinformatics Data Integr Approaches Comput Anal Model. 2005;(10):9–20.

Dharwiyanti S, Wahono RS. Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML). IlmuKomputer.com [Internet]. 2003;1–13. Available from: http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf

Setiyani L. Desain Sistem : Use Case Diagram Pendahuluan. Pros Semin Nas Inov Adopsi Teknol 2021. 2021;1(1):246–60.

Rakhmadian M, Hidayatullah S, Respati H. Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik Dosen. Semin Nas Sist Inf. 2017;(September):665–75.

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles