IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING OLEH UMKM DI PROVINSI JAWA TIMUR INDONESIA: A SCOPING REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.32897/sobat.2024.6.1.4141Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Scoping ReviewAbstract
Perkembangan teknologi yang begitu pesat, mendorong banyak UMKM untuk beralih menuju digitalisasi. Hal tersebut dilakukan guna membantu UMKM untuk memasarkan produk mereka secara digital/online. Terlebih lagi pasca pandemi covid-19, hampir segala kegiatan operasional UMKM dilaksanakan secara digital/online, dengan demikian UMKM dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi digital marketing dilakukan oleh UMKM di Provinsi Jawa Timur, dengan memetakan tingkat pengetahuan mereka terkait pemasaran digital untuk mendukung praktik pemasaran tersebut. Metode yang digunakan adalah Scoping review, di mana studi-studi yang ditinjau dipilih dari database elektronik Google Scholar dalam rentang waktu lima tahun terakhir (2019–2024). Hasil dari Scoping review menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM di Provinsi Jawa Timur telah memahami dan menerapkan digital marketing dalam kegiatan usahanya.
References
Business Marketing Management: B2b.
Madhani Jv, Rajyaguru Kh. Impact Analysis Of Digital Marketing: An Indian Perspective. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. 2020 Sep 1;22(2):161–4.
Nur A, Mukhamad A, Ma’mun Sarma N, Leong Yc, Afifah An. Digital Marketing Adoption And The Influences Towards Business Successes Of MSMEs Creative Sector In Indonesia And Malaysia Indexed In Google Scholar. Journal Of Applied Management (Jam). 2018;16.
Irfani H, Yeni F, Wahyuni R. Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Jces (Journal Of Character Education Society [Internet]. 2020;3(3). Available From: Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Jceshttps://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.2799https://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.Xxx
Sirodjudin M. Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM di Indonesia: A Scoping Review. 2023;2(2).
Trisnowati Y, Muditomo A. Covid-19 And Stock Market Reaction In Indonesia. Journal Of Accounting And Investment. 2021 Jan 1;22(1):23–36.
Thaha Ar, Purnamasari R, Rahim Thaha A. Trends And Pattern On Library Marketing: A Systematic Review Trends And Pattern On Library Marketing: A Systematic Review [Internet]. Available From: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/355034220
Santoso R. Review Of Digital Marketing & Business Sustainability Of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia Article History. Vol. 5, Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan.
Arksey H, O’malley L. Scoping Studies: Towards A Methodological Framework. International Journal Of Social Research Methodology: Theory And Practice. 2005 Feb;8(1):19–32.
Santi Hariyani D, Dwi Kuncoro Dan. Peningkatan Kualitas Packaging Dan Penerapan Digital Marketing UMKM Roti Bolu Desa Sidomukti Magetan. Journal Of Social Empowerment. 2020;05:2.
Sasongko D, Putri Ir, Alfiani Vn, Qiranti Sd, Sari Rs, Allafa Pe. Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi. 2020 Oct 21;6(2):92–6.
Santoso Am, Damayanti Bp, Firdhausi Af, Lianawati D, Rachmah I, Salsabela D.M. Nt, Et Al. Penerapan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Pengrajin Gerabah Tanah Liat Kedungsari Di Kabupaten Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021 Nov 7;2(1):66–74.
Diana L, Al Rasyid H, Ramadhan F, Satria Ar, Rahmadina Np. Meningkatkan Penjualan UMKM Sunkhuf Kerajinan Tangan Dari Bathok Kelapa Dengan Implementasi Digital Marketing [Internet]. Vol. 2, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Available From: Https://Jurnalfkip.Samawa-University.Ac.Id/Karya_Jpm/Index
Kayu P, Blitar K, Muzakki K, Dian D, Akuntansi F, Nahdlatul U, Et Al. Implementasi Digital Marketing Dan Strategi Sustainability UMKM Pengrajin Kayu Kota Blitar. Journal Of Research And Technology [Internet]. 2022;8(1):41–50. Available From: Www.Katadata.Co.Id/2020
Anindita Vella Puspitasari, Jojok Dwiridotjahjono. Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Ecoprint Di Kepanjenlor Kota Blitar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2023 Jul 13;2(3):147–55.
Amalia R, Cahyaning S, Salama U. Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Di Jawa Timur Utilization Of Digital Marketing In Smes In East Java. Vol. 5, Abdimas Galuh.
Adi P, Mulyani R, Putri Anh, Saputri Ci, Alfiyah H, Widyadana Jra, Et Al. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Produk Pertanian Di Desa Bodag, Madiun, Jawa Timur. Prima: Journal Of Community Empowering And Services. 2023 Aug 22;6(2):126.
Taufikurrahman Taufikurrahman, Afifah Ulul Azmi, Dinda Griselda Azura Gestyaki, Dhiya’ Ayu Adibah, Rachmanita Eza Putri Wiyandari, Thersa Armenia Putri. Pengaruh Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Smille Bouquet Di Desa Kedungdalem. Transformasi: Journal Of Economics And Business Management. 2023 May 24;2(2):231–43.
Sukma Novitasari D, Nisa L. Pendampingan Umkm Menuju Industri Kreatif Melalui Implementasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Kedungdalem, Kabupaten Probolinggo. 2023;7(3).