ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELANJA ONLINE DI INDONESIA: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Febri Ana Teknik Industri, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Raihan Teknik Industri, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Irfan Rusydi Triyanto Teknik Industri, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2024.6.1.4147

Keywords:

Belanja Online, E-commerce, Marketplace

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, diantaranya transaksi jual beli. Jual beli dapat dilakukan dengan menggunakan e-commerce. Pertumbuhan transaksi ini dari tahun ke tahun didukung oleh data dari Bank Indonesia Dimana transaksi e-commerce sebesar 453,75 triliun rupiah. Studi dilakukan untuk mengetahui factor-faktor yang dapat mempengaruhi belanja online di Indonesia. Studi ini melakukan analisis terhadap 40 literatur di awal, dan akhirnya menjadi 10 literatur.

References

Arrijal Rachman. Wow! BI Bilang Transaksi Ecommerce RI di 2023 Capai Rp 453,75 T. Indonesia: CNBC Indonesia; 2024.

Septian Deny. Liputan 6. 2024. Orang Indonesia Lebih Pilih Belanja Online atau Offline? Ini Hasil Risetnya.

editor. Goodstats. 2022. Platform E-Commerce Pilihan Masyarakat Indonesia 2022.

Analis Bain. Country spotlight: Indonesia. Singapura; 2024.

Triyanto IR. Adopsi Penggunaan Uang Elektronik Di Indonesia: Systematic Literature Review. SOBAT Prosiding. 2023;

Hikmawati, Salam A, Rizqi RM. Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Online Shoping (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Teknologi Sumbawa angkatan 2018 yang melakukan pembelian di shopee). Jurnal Ekonomi dan Bisnis [Internet]. 2019 Dec;2(2). Available from: http://jurnal.uts.ac.id

Sari NN, Irmayanti N. Hubungan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Remaja" 32. Vol. 2, Jurnal Psikologi Wijaya Putra. 2021.

Andika M, Masithoh S, Kholiq YN, Nisa DA, Rohmah N. Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa [Internet]. Journal of Education and Technology. Available from: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet

Aryanti, Atmadhikara D, Sonadinata H, Diningsih H, Hermaprilida N. Hubungan Asosiasi antara Skala Belanja Online dengan jenis Kelamin. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2023 Dec;1(9).

Kepercayaan P, Risiko P, Keamanan D, Anis Purdianawati O, Ekonomi Syariah J, Ekonomi dan Bisnis Islam F, et al. http://bajangjournal.com/index.php/JCI. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah [Internet]. 2023;2(5). Available from: http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Kusuma TH, Safitri A. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Jasa Belanja Online Shopee. Journal of Information Systems Management and Digital Business (JISMDB)). 2024 Jan;1(2).

Tukino T, Nurastuti P, Hartati N, Yuningsih N, Sudharsono M. Kualitas Antarmuka Terhadap Minat Beli: Dimediasi Kepercayaan Konsumen pada Aplikasi Belanja Online. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis. 2021 Jul 30;2(02):179–90.

Utomo J, Nursyamsi J, Sukarno A. Analisis Pengaruh Produk, Promosi Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Intervening. Vol. 2. 2023.

Dewi SK, Aslami N. Pentingnya Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Belanja Online Pada Aplikasi Shopee. JOSR: Journal of Social Research Februari [Internet]. 2022(3):193–200. Available from: http://https://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsrhttp://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles