ANALISIS PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BEKASI DALAM KOMUNIKASI DIGITAL

Authors

  • Adzan Desar Deryansyah Manajemen Komunikasi, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Annisya Tri Citra Damayanti Manajemen Komunikasi, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.32897/sobat.2024.6.1.4149

Keywords:

Komunikasi, Komunikasi Digital, Humas, Informasi, Instagram

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di identifikasi oleh instansi Humas Pemerintah Kota Bekasi dengan memanfaatkan platform media sosial seperti instagram untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Peneliti melihat terdapat beberapa masalah terkait tentang pengaplikasian penyampaian informasi melalui platform media sosial diantaranya adalah seperti kurang responsive dari akun instagram @humaskotabekasi dengan       publik, keterlambatan dalam penyebaran informasi – informasi tentang Kota  Bekasi dari akun instagram @humaskotabekasi, jumlah pengikut yang berbeda dengan akun publik yang membahas Kota Bekasi, dan efektivitas dari narasi yang dibuat oleh akun instagram @humaskotabekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Komunikasi Digital Humas Pemerintah Kota Bekasi dalam memanfaatkan, hambatan dan solusi dalam memanfaatkan penyampaian informasi melalui instagram. Metode penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan menggunakan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian menjelaskan peran komunikasi digital Humas Pemerintahan Kota Bekasi menyampaikan informasi berupa foto,video,flyer dan press release, dengan konten yang informatif serta berupaya menjaga image dari Pemerintahan Kota Bekasi. Keterbatasan sumber daya manusia menjadi hambatan bagi Humas Pemerintahan Kota Bekasi melakukan peran komunikasi digital dalam penyampaian konten informasi melalui instagram dan solusi untuk mengatasinya yaitu dengan meningkatkan kinerja tim Humas Pemerintahan Kota Bekasi dengan menggambungkan ide konten informasi yang akan dipublikasikan di instagram.

References

Agnes Pertiwi Sutrisno IDM. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Common. 2021;5(2):118.

Andi Ashari. Komunikasi Digital. Lakeisha; 2023.

Novianti, Evi et. al. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran)”. J Komun dan Penyiaran Islam. 2020;11(1).

Azeem Ribhul TA. Strategi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam Pengelolaan Jejaring Sosial. J Komun. 2018;10(2).

Thoriq Ramadani. PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK. J Good Gov. 2019;15(1).

Kriyantono R. Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis dan Pemerintah. Jakarta: Kencana; 2021.

Muhamad Fitra Alfajri, Viranda Adhiazni QA. Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interak J Ilmu Komun. 2019;8(2).

Suryani I. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf Ri Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). J Komun. 2017;8(2).

Mustofa S. Hukum Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia [Internet]. 1st ed. Guepedia, editor. Mataram, Lombok: Guepedia; 2020. 233 p. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=JID-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=keterbukaan+informasi+publik&ots=QOZsxgEuGZ&sig=mAkcwNhf3ppDYimfOMt4YUWjAxY&redir_esc=y#v=onepage&q=keterbukaan informasi publik&f=false

Tolapa M. Aktivitas Humas Dalam Upaya Penyebarluasan Informasi Kepada Masyarakat Pada Dprd Kota Gorontalo. Al Qisthi J Sos dan Polit. 2024;14(2):121.

Muchsinin. Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Pada Era Digital Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (Studi Pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Pandeglang). Governansi. 2022;8(2):99.

Wismaningtyas, TA, Kurniasih Y. Keterbukaan Informasi Publik di Pemerintah Kota Semarang (Studi Kasus: Organisasi Perangkat Daerah dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota. J Public Adm Local Gov [Internet]. 2021;5(1):33. Available from: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadminis/article/view/3850

Putra A. Keterbukaan Informasi Publik Melalui Pemanfaatan Media Sosial di Komisi Pemilihan Umum Kota Sawahlunto. Universitas Andalas; 2024.

Julita Dwi S. Strategi Press Relations Humas Hotel Ciputra Jakarta Dalam Membina Hubungan Yang Harmonis Dengan Wartawan. Komunikologi. 2010;7(1).

Siahaan, W.C. Hendra, Y. & Matondang A. Siahaan, W.C. Hendra, Y. & Matondang, A (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. OPPO Indonesia dalam Meningkatkan Citra Smartphone OPPO. PERSPEKTIF. 2017;6(1).

Abidin, K. Z., & Soegiarto A. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Publikasi Subbagian Protokol Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. J Ris Komun. 2021;12(2):103.

Alfira Damayanti, Isniyunisyafna Diah Delima AS. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang). J Publ Ilmu Komun Media Dan Cine. 2023;6(1):173.

Lani, Oktri Permata HB. Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. Lontar J Ilmu Komun. 2021;9(2):133.

Heri Juanda. Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh. J Peurawi. 2017;1(1):20.

Rodin R. Informasi dalam Konteks Sosial Budaya. 2020. 10 p.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles