Analisis Kelelahan Subjektif dan Objektif Pada Pengemudi Ojek Online di Kota Bandung

Penulis

  • Rahmawati Rahmawati Program Studi Teknik Industri, Universitas Sangga Buana
  • Ade Geovania Azwar Program Studi Teknik Industri, Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2025.6.2.3831

Kata Kunci:

Ojek Online, Industrial fatigue Committee (IFRC), Cardiovascular Load (CVL), Karolinska Sleepnes Scale (KSS)

Abstrak

Perubahan yang terjadi disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin maju dan modern. Hal ini terbukti dengan kemunculan transportasi online diberbagai kota besar di Indonesia. Sejak tahun 2018 – 2022 jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan rata – rata 6,25% pertahunnya. Penyebab utama terjadinya kecelakaan didominasi oleh faktor internal manusia sebesar 28% yang diakibatkan oleh kelelahan. Metode yang digunakan yaitu Industrial fatigue Committee (IFRC) metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kelelahan kerja subjektif, Cardiovascular Load (CVL) metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kelelahan kerja objektif dengan mengukur tingkat detak denyut nadi, Karolinska Sleepnes Scale (KSS) metode subjektif untuk mengukur tingkat kantuk. Hasil penelitian dengan menggunakan metode IFRC yaitu sebesar 60% mengalami kelelahan kerja tinggi pada saat sebelum bekerja dan sebesar 67% mengalami kelelahan kerja tinggi pada saat sesudah bekerja. Sementara itu, hasil peelitian dengan menggunakan metode CVL yaitu < 30% yang dimana tidak terjadinya kelelahan. Selain itu, hasil penelitian dengan metode KSS yaitu sebesar 77% mengalami tingkat kantuk rendah pada saat sebelum bekerja dan sebesar 57% mengalami tingkat kantuk tinggi pada saat sesudah bekerja. Saran yang dapat diberikan yaitu, memanfaat waktu istirahat dengan baik agar terhindar dari kelelahan kerja.

Referensi

Djunaidi, Zulkifli, and Rahmadani Arnur. 2015. “Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain Dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor Terhadap Antropometri Pada Mahasiswa Ergonomic Risks of Incompatibility of Design and Size of Motorcycle Seat Againts Anthropometry among College Students.” Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 9, No:243–48.

Handayani, Prita Adisty, and Ratnasari. 2023. “Hubungan Durasi Kerja Dengan Tingkat Kelelahan Kerja Pada Pedagang Di Pasar Karangayu Kota Semarang.” Professional Health Journal 5(1sp):243–49. doi: 10.54832/phj.v5i1sp.588.

Permatasari et al. 2022. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Bagian Pemasangan Besi Di Pt . X Tahun 2021.” Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pontianak 1(1):144–60.

Publik, Biro Komunikasi dan Informasi. 2012. “Kelelahan Jadi Faktor Utama Penyebab Kecelakaan.” Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Putri, Illiyyiin Yunda, and Swantyka Ilham Prahesti. 2021. “Keefektifan Permainan Sebut Kata Dan Ular Tangga Kata (SETUTA) Terhadap Kemampuan Mengenal Kata Untuk Anak Usia 4-6 Tahun.” Repository UNW (21).

Ramita, N. 2018. “Bab3 Uji Wilcoxon.” (43):43–51.

Rukayah, Siti, and Lupita Lupita. 2020. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kelelahan Kerja Pada Pengemudi Ojek Online Di Wilayah Jakarta Timur Tahun 2019.” Jurnal Persada Husada Indonesia 7(25):31–37. doi: 10.56014/jphi.v7i25.287.

Rusmila, Rusmila, and Elwindra Elwindra. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja Pada Pengemudi Bus Transjakarta Di DKI Jakarta.” Jurnal Persada Husada Indonesia 9(34):1–12. doi: 10.56014/jphi.v9i34.350.

Yudhistira, Reza, Adi Pratama, Herry Koesyanto, and Info Artikel. 2020. “3 Higeia 4 (Special 1) (2020) Higeia Journal Of Public Health Research And Development Kejadian Kecelakaan Pada Pengemudi Ojek Online.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 4 (Special 1):13–24.

Zulkarnain, Muhammad, Dina Lusiana Setyowati, and Muhammad Sultan. 2022. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pengendara Ojek Online Di Kota Samarinda.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 6(3):1549–56.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-29

Terbitan

Bagian

Artikel