Pemasaran Media Sosial dan Ekuitas Merek Portal Beasiswa pada PT. Integra Solusi Teknotama Bandung

Authors

  • Puspa Wulandari Universitas Sangga Buana YPKP
  • Farida Yuliaty Universitas Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i1.1165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pemasaran media sosial (X), ekuitas merek (Y), dan besar pengaruh pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling berupa simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak tujuh puluh delapan orang. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, Method of Succesive Interval, uji hipotesis simultan, uji hipotesis parsial, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan kedua variabel berada pada kategori yang baik. Hasil uji F dan uji t menyatakan bahwa pemasaran media sosial berpengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pemasaran media sosial memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa sebesar tiga puluh koma dua persen dan sebesar enam puluh sembilan koma delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa pemasaran media sosial berpengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa sebesar tiga puluh koma dua persen dan sebesar enam puluh sembilan koma delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain, serta kedua variabel ini dianggap sudah berada dalam kategori yang baik dimata audiens.
Kata Kunci : Pemasaran Media Sosial, Ekuitas Merek, Instagram.

References

Buku:

Aaker, D. A. (2018). Manajemen ekuitas

merek:memanfaatkan nilai dari suatu merek. Alih bahasa: Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran produk merek:

planning and strategy (edisi 1). Pasuruan, Jawa Timur: Qiara Media. (2020).

Hardani., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A.

Ustiawaty, J., Utami, E. F…, Sukmana D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (edisi 1). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Masram & Mu’ah. (2015). Manajemen sumber manusia

(edisi 1). Surabaya: Zifatama Publisher.

Sabila, N. (2019). Pengantar belajar digital marketing

(edisi 1). Semarang: STEKOM.

Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran: teori dan

implementasi (edisi 1). Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian

kuantitatif, kualitatif, r & d. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran: esensi dan aplikasi (edisi

. Yogyakarta: Andi.

Jurnal:

Aiello, G., Donvito, R.,Godey, B., et al., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J…, Singh Rahul. Social media marketing efforts of luxury brands: influence on brand equity and consumer behavior, 2016.

Bilgin, Y. The effect of social media marketing activities on

brand awareness, brand image and brand loyalty”, vol. 6, pp. 128-148, 2018.

Koch, T., Gerber, C., & De Klerk, J. The impact of social

media on recruitment: are you linkedIn?,vol.16, 2018.

Skripsi:

Safitri, A. N. (2014). Pengaruh social media marketing

terhadap brand equity dan customer response pada rown division. [Skripsi]. Institut Negara Islam NegeriSurakarta. Surakarta.

Wahyu, A. D. (2019). Pengaruh e-service quality terhadap

e-loyalty (survey pada nasabah mobile banking mandiri di Indonesia). [Skripsi]. Universitas Pendidik Indonesia. Bandung

Downloads

Published

2022-02-28