Pemasaran Media Sosial dan Ekuitas Merek Portal Beasiswa pada PT. Integra Solusi Teknotama Bandung
DOI:
https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i1.1165Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pemasaran media sosial (X), ekuitas merek (Y), dan besar pengaruh pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling berupa simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak tujuh puluh delapan orang. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, Method of Succesive Interval, uji hipotesis simultan, uji hipotesis parsial, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan kedua variabel berada pada kategori yang baik. Hasil uji F dan uji t menyatakan bahwa pemasaran media sosial berpengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pemasaran media sosial memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa sebesar tiga puluh koma dua persen dan sebesar enam puluh sembilan koma delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa pemasaran media sosial berpengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa sebesar tiga puluh koma dua persen dan sebesar enam puluh sembilan koma delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain, serta kedua variabel ini dianggap sudah berada dalam kategori yang baik dimata audiens.
Kata Kunci : Pemasaran Media Sosial, Ekuitas Merek, Instagram.
Referensi
Buku:
Aaker, D. A. (2018). Manajemen ekuitas
merek:memanfaatkan nilai dari suatu merek. Alih bahasa: Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran produk merek:
planning and strategy (edisi 1). Pasuruan, Jawa Timur: Qiara Media. (2020).
Hardani., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A.
Ustiawaty, J., Utami, E. F…, Sukmana D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (edisi 1). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Masram & Mu’ah. (2015). Manajemen sumber manusia
(edisi 1). Surabaya: Zifatama Publisher.
Sabila, N. (2019). Pengantar belajar digital marketing
(edisi 1). Semarang: STEKOM.
Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran: teori dan
implementasi (edisi 1). Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian
kuantitatif, kualitatif, r & d. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran: esensi dan aplikasi (edisi
. Yogyakarta: Andi.
Jurnal:
Aiello, G., Donvito, R.,Godey, B., et al., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J…, Singh Rahul. Social media marketing efforts of luxury brands: influence on brand equity and consumer behavior, 2016.
Bilgin, Y. The effect of social media marketing activities on
brand awareness, brand image and brand loyalty”, vol. 6, pp. 128-148, 2018.
Koch, T., Gerber, C., & De Klerk, J. The impact of social
media on recruitment: are you linkedIn?,vol.16, 2018.
Skripsi:
Safitri, A. N. (2014). Pengaruh social media marketing
terhadap brand equity dan customer response pada rown division. [Skripsi]. Institut Negara Islam NegeriSurakarta. Surakarta.
Wahyu, A. D. (2019). Pengaruh e-service quality terhadap
e-loyalty (survey pada nasabah mobile banking mandiri di Indonesia). [Skripsi]. Universitas Pendidik Indonesia. Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.