Pengaruh Social Influence Terhadap Behavioral Intention Penggunaan Marketplace Pada UMKM Di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.32897/dimmensi.v1i1.771Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social influence (Pengaruh Sosial) terhadap behavioral intentions (minat pemanfaatan) pengguna Marketplace di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Model Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada 400 orang UMKM yang telah menggunakan aplikasi Marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan medote asosiatif kasual yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, teknik analisis data menggunakan Metode statistic Multivariate Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan penelitian ini variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukan Pengaruh Social Influence terhadap Behavioral Intention penggunaan Marketplace pada UMKM di Kota Bandung yaitu sebesar 0.897 dan dari semua variabel independen mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen sebesar 173.596. Pengguna Marketplace perlu lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya UMKM dan memberikan pemahaman bahwa dengan menggunakn Marketplace dapat lebih meningkatkan bisnis mereka.References
Ajzen, I.. (2013). Teori Perilaku yang Direncanakan Kuisioner. Database Instrumen Pengukuran untuk Ilmu Sosial. Diperoleh dari www.midss.ie
Alma, B. (2003). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta.
Bisnis.com (2019). Pemerintah Kota Bandung Dalam Mendukung UMKM di Jawa Barat. https://m.bisnis.com
Iprice group. (2019). Hasil Survei Pada Tahun 2019 Tentang Aplikasi Belanja E-Commerce Selluler Dengan Pengguna Aktif Bulanan di Asia Tenggara. https://ipricegroup.com
Jalaludin, Andi (2019). Analisis Pengelolaan Kualitas, Pendapatan Harga dan Promosi Produk Barang dan Jasa di UMKM Kelurahan Pasirlayung Kota Bandung. Universitas Sangga Buana YPKP. Bandung.
Jatmico Jati, Nugroho (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan dan Penggunaan Sistem E-Ticket. Pada Universitas Diponegoro Semarang.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: ANDI
Kotler & Keller. (2016:29). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Marketplace. bdg (2018). Data Statistik Pengguna Marketplace di KotaBandung https://sp99712.sitebeat.com
Masyita Sari, Rizki (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Internet Terhadap Peningkatan Kinerja UKM Menggunakan Metode Structural Equation Modelling.
Nurzamzam, Devina (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Produk Pakaian Melalui E-Commerce. Pada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Putu Lestara P, Gusi (2019). Pengaruh Hedonic Motivation, Social Influence dan Perceived Enjoyment Terhadap penggunaan Marketplace Pada UMKM di Bali. pada Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS) Denpasar: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
Susilowati (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Dalam Bisnis Online.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaifuddin (2017). Pengaruh Sosial. Pada Universitas Negeri Yogyakarta: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/profita/article/view/9764
Triatmaja & Yuliana (2016). Pengaruh Perceived Value dan Sosial Influence Terhadap Purchase Intention Smartphone 4G Pada Pelanggan Bandung Elektronic Center. Pada Universitas Telkom Bandung: https://id.scribd.com/document
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.