PENGEMBANGAN SISTEM E-UKM (ELECTRONIC UKM) BERBASIS CLOUD COMPUTING DENGAN JENIS LAYANAN SAAS (SOFTWARE AS A SERVICE) PADA SENTRA INDUSTRI SEPATU DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Rauf Fauzan Universitas Komputer Indonesia
  • Nizar Rabbi Radlya Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2018.3.2.104

Keywords:

Cloud Computing, e-UKM, SAAS, Sentra Industri Sepatu, UKM.

Abstract

Sentra industri sepatu Cibaduyut memiliki tempat produksi dan tempat penjualan ± 577 unit usaha, dengan kapasitas produksi pertahun sekitar 3.114.022 pasang sepatu. Dengan jumlah produksi sebanyak itu, sentra industri sepatu Cibaduyut menghasilkan investasi sekitar 19 Milyar per tahun (sumber: Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Bandung). Berdasarkan data diatas, UKM sentra industri sepatu memiliki pengaruh yang besar bagi perekonomian di Kota Bandung. Walaupun memiliki pengaruh yang besar, UKM masih mengalami kesulitan untuk berkembang. Minimnya informasi dan pengetahuan dalam pengelolaan proses bisnis yang baik menjadi salah satu kelemahan yang menghambat perkembangan UKM. Hal tersebut disebabkan pengelolaan proses bisnis masih dilakukan secara konvensional. Pengelolaan proses bisnis meliputi pembelian, produksi, penjualan, inventaris dan keuangan masih belum menggunakan dukungan Teknologi Informasi (TI) serta belum memiliki sistem usaha terintegrasi. Penghambat adopsi TI di UKM sentra industri sepatu adalah keterbatasan SDM, finansial dan infrastruktur. Solusi yang ditawarkan penelitian ini untuk permasalahan tersebut adalah melakukan pengembangan sistem e-UKM berbasis cloud computing dengan layanan SAAS (Software As A Service) yang akan diterapkan pada UKM sentra industri sepatu di Kota Bandung.

Author Biographies

Rauf Fauzan, Universitas Komputer Indonesia

Prodi. Sistem Informasi

Nizar Rabbi Radlya, Universitas Komputer Indonesia

Prodi. Sistem Informasi

References

. Combe, C. 2006. Introduction to E-Business Management and Strategy. Netherlands: Elsevier.

. Jane, O dan Indra, A.C. 2012. Profil Daya Inovasi Ukm Dalam Menghadapi ACFTA (Studi Kasus Ukm Di Bandung & Garut). Research Report - Humanities and Social Science. Volume 1.

. Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 40/KMK.06/2003 Tentang Pendanaan Kredit Usaha Mikro Dan Kecil. Menteri Keuangan Republik Indonesia.

. Machmud, S dan Sidharta, I. 2013. Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Sektor UMKM Di Kota Bandung. Jurnal Computech & Bisnis. Volume 7. No. 1.

. Mell, P. and Grance, T. 2011. The NIST Definition of Cloud Computing. National Institute of Standards and Technology. U.S. Department of Commerce. Special Publication 800-145.

. Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

. Rianto, Y. et al. 2008. Strategi Peningkatan Kemampuan Adopsi Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Daya Saing UKM. Jakarta: LIPI Press.

. Roger, S. Presman, Ph.D. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

. Undang Undang No. 9 Tahun 1995.

. Warjino. 2014. Kajian E-Business Berbasis Cloud Computing Dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean Economic Community 2015. Bianglala Informatika. Volume 2. No. 2.

. depkop.go.id. 2016. Walikota Bandung Perkenalkan Aplikasi Gampil Kepada Menkop UKM Puspayoga.http://www.depkop.go.id/content/read/walikota-bandung-perkenalkan-aplikasi-gampil-kepada-menkop-ukm-puspayoga/. Diakses pada 2 Mei 2016.

Downloads

Published

2018-12-30