IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FIBER IN THE AIR UNTUK INTERNET DEDICATED 60Mbps

Jadi Martuahman Sinaga

Abstract


Saat ini kebutuhan akan internet yang baik sangat tinggi dimana kondisi pandemik Covid19 yang belum berakhir mengakibatkan banyaknya organisasi pemerintahan ataupun perusahaan swasta yang menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH) atau daring yang membutuhkan teknologi internet yang cepat dan stabil dan harganya terjangkau baik dari sisi biaya instalasi maupun dari sisi biaya maintenance dari perangkatnya. Jurnal ini akan membahas tentang perangkat Airspan I-Bridge CX-5 yang disebut teknologi Fiber In The Air (UBR) yang terbaru dan sangat memiliki kehandalannya antara lain kecepatan yang stabil dan pemeliharaannya yang sederhana. Teknologi Fiber In The Air (UBR) ini juga sudah diperkenalkan oleh Smartfren Telecom sebagai operator telekomunikasi ke beberapa instansi ataupun perusahaan yang membutuhkan teknologi internet ini. Airspan I-Bridge CX5 dalam Jurnal  ini akan diimplementasikan pada salah satu grup Kalbe Farma yaitu Hexapharm yang berlokasi di Pulogadung, Jakarta. Sistem pemantauan dari perangkat Airspan I-Bridge CX5 ini menggunakan konsep Internet Of Thing (IoT) dimana perangkat Airspan I-Bridge CX-5 akan terhubung ke dalam sistem NOC (Network Monitoring Center) yang dimiliki oleh Smartfren Telecom. Dengan demikian perangkat ini dapat dimonitor kondisinya secara rutin agar fasilitas internet yang ditawarkan ke pelanggan dapat tetap terus dijaga kualitas dan layanannya.


Keywords


Internet Of Thing (IoT); Telekomunikasi; Fiber in The Air (UBR)

Full Text:

PDF

References


S. D. Raja, “Sistem Iot Cloud Untuk Monitoring Lingkungan Tanaman.” Universitas Hasanuddin, 2020.

M. R. Sari, Y. Soepriyanto, And A. Wedi, “Digitalisasi Media Objek 3 Dimensi Kabel Fiber Optic Berbantuan Piramida Hologram Untuk Sekolah Menengah Kejuruan,” Jktp J. Kaji. Teknol. Pendidik., Vol. 3, No. 4, Pp. 366–376, 2020.

R. Akbar And D. Hamzah, “Rancang Bangun Aplikasi Link Buget Fiber Optik Pada Fiber To The Home Ftth Pt. Telkom Indonesia,” Tekinfo, Vol. 21, No. 2, Pp. 83–91, 2020.

U. A. Ahmad, R. E. Saputra, And P. Y. Pangestu, “Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Fiber Optik Dengan Metode Network Development Life Cycle (Ndlc),” Eproceedings Eng., Vol. 8, No. 6, 2021.

M. I. S. Gonawan, “Laporan Kuliah Kerja Magang (Kkm) Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Bidang Indihome Sales Consultant (Isc) Dan Teknisi Pasang Baru (Psb) Pada Pt. Telkom Indonesia Tbk.(Jombang).” Stie Pgri Dewantara Jombang, 2021.

F. Firdaus, F. A. Pradana, And E. Indarto, “Performansi Jaringan Fiber Optik Dari Sentral Office Hingga Ke Pelanggan Di Yogyakarta,” J. Elektro Dan Telekomun. Terap., Vol. 3, No. 1, Pp. 207–214, 2016, Doi: 10.25124/Jett.V3i1.126.

H. Nuryanto, Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Pt Balai Pustaka (Persero), 2012.

I. Irwanto, “Perhitungan Radius Gelombang Pada Sistem Pemancar Radio Republik Indonesia Di Provinsi Banten,” J. Inov. Penelit., Vol. 1, No. 12, Pp. 2713–2726, 2021.

A. N. Bahri, “Dasar-Dasar Broadcasting,” 2019.

H. Fahmi, “Analisis Qos (Quality Of Service) Pengukuran Delay, Jitter, Packet Lost Dan Throughput Untuk Mendapatkan Kualitas Kerja Radio Streaming Yang Baik,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., Vol. 7, No. 2, Pp. 98–105, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2022.7.1.1163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License