IMPLEMENTASI COST POWER METERING UNTUK APLIKASI SOLAR GRID HYBRID POWER SYSTEM

Ivany Sarief, Ketut Abimanyu Munastha

Abstract


Kebutuhan listrik nasional 226 TWh lebih tidak dapat lagi dipenuhi oleh produsen listrik nasional yang hanya memiliki kapasitas terpasang 50 GW lebih. Kekurangan ini dapat menjadi peluang untuk mendorong produksi energi diluar provider listrik PLN. Distributed Generation (DG) menjadi alternatif produksi listrik yang menguntungkan karena dapat diadakan swakelola dan dekat dengan konsumen listrik,sehingga transmission losses dapat diminimalkan. Salah satu DG yang cukup populer adalah Solar Cell yang merupakan energi terbarukan ramah lingkungan berbasiskan cahaya matahari. Residential Solar - Grid Hybrid Power System merupakan kombinasi penggunaan listrik PLN (Grid) dengan Solar Cell. Sumber daya listrik yang aktif merupakan salah satu dari PLN atau Solar Cell. Bila listrik dari PLN padam atau cahaya matahari tersedia maka solar cell akan aktif mensuplai listrik ke rumah. Penggunaan listrik akan dimonitor, dilog, dan diolah oleh sistem sehingga pengguna dapat mengetahui estimasi penghematan biaya aktual yang diperoleh dengan menggunakan solar cel terhadap listrik PLN. Diharapkan dengan adanya keuntungan rupiah yang diperoleh, penghuni residensial akan tertarik menggunakan sistem hibrid ini.

Keywords


Solar Grid Hybrid; Power Metering; Estimasi Biaya; Monitoring; Distributed Generation

Full Text:

PDF

References


Dewan Energi Nasional, 2014, Ketahanan Energi Indonesia 2014. Jakarta, hal 52.

Thomas Ackermann, Göran Andersson, Lennart Söder, 2001, Distributed generation: a definition. Electric Power Systems Research, Vol. 57, Issue 3: 195–204.

en.wikipedia.org/wiki/Photovoltaic_system, 2018, Photovoltaic System, diakses 1 Maret 2018

www.homepower.com/articles/solar-electricity/basics/what-solar-electricity, 2018. What is Solar Electricity, diakses 1 Maret 2018.

www.home-energy-metering.com/solar-power-panels.html, 2018, Metering Solar Power Panel, diakses 1 Maret 20187




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2018.3.2.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License