RANCANG BANGUN SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO UNO DAN MONITORING LEVEL KETINGGIAN AIR PADA PC DENGAN APLIKASI VISUAL BASIC

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2020.5.1.358

Keywords:

Peringatan dini banjir, Personal computer, Mikrokontroler Arduino Uno, Visual Basic, HC-SR04,

Abstract

Tujuan dari Perancangan Prototype Sistem Peringatan Dini banjir ini adalah untuk memberikan peringatan kepada warga jika terjadi banjir, memudahkan pihak pengawas pintu tanggul air untuk mengecek status level ketinggian air melalui Liquid Crystal Display (LCD) dan Personal Computer (PC). Alat ini menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 sebagai sensor utama membaca level ketinggian air sungai. Frekuensi yang yang dipancarkan sensor HC-SR04 yaitu sebesar 40 KHz. Sedangkan jarak maksimal yang di deteksi sensor HCSR04 2 cm – 400 cm. Data yang diperoleh sensor ultrasonik akan diolah oleh mikrokontroler arduino uno sehingga level ketinggian air dapat tampil pada LCD dan juga PC menggunakan aplikasi visual basic dengan komunikasi Universal Serial Bus (USB). Jika level ketinggian air mencapai batas banjir maka arduino uno akan mengolah data dan selanjutnya akan menyalakan buzzer sebagai peringatan bahwa level ketinggian air akan memungkinkan terjadinya banjir.

Author Biographies

Kusmadi Kusmadi, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Nur Taupik Sidik, Universitas Sangga Buana

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik

References

Putra, Agfianto Eko dan Nugraha, Dhani, 2011, Tutorial Pemograman Mikrokontroler AVR dengan AVR Studio dan WinAVR GCC (ATMega16/32/8535), Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Hari Santoso, 2015, Ebook Panduan Praktis Arduino Untuk Pemula, www.elangsakti.com

Syahrul, 2014, Pemograman Mikrokontroler AVR Bahasa Asembly dan C, informatika, Bandung

Alexander F.K. Sibero, 2010, Dasar – dasar Visual Basic .NET, MedikaKom, Yogyakarta

Phil,Jones (2001). Visual Basic A Complete Course Letts Higher Education List Series. Cengange Learning EMEA. Liberty, Jesse (2005). Programming Visual Basic 2005 O’Reilly Series Safari Books Online. O’ReillyMedia Inc.

Downloads

Published

2020-06-30