SISTEM LAYANAN KONSUMEN UNTUK USAHA SKALA KECIL DAN MENENGAH (UKM) JASA PENCUCIAN DENGAN METODE BASIS DATA TERDISTRIBUSI
Abstract
Penerapan teknologi Informasi di berbagai bidang kehidupan manusia khususnya dibidang usaha sudah sangat penting diimplementasikan, Sistem layanan konsumen untuk usaha skala kecil dan menengah (UKM) jasa pencucian (laundry) ini dapat dijadikan alat bantu yang strategis dalam usaha tersebut, hampir semua jenis layanan jasa laundry pada umumnya bisa disuport oleh sistem layanan ini. Tahapan analisis dan implementasi dilakukan dilakukan secara langsung di delapan usaha laundry dengan berbagai level usaha dan jenis layanan sehingga memperkaya kehandalan, kelengkapan dan fasilitas sistem
Untuk usaha laundry yang mempunyai banyak konter dan cabang diberbagai kota atau Negara, sistem ini bisa mensuport hal tersebut dengan metode basis data terdistribusi, selama konter atau cabang tersebut bisa koneksi internet sehingga level manajemen atau pemilik usaha bisa mengakes data dan laporan dimanapun berada.
Â
Kata kunci : layanan konsumen, laundry, data terdistribusi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
2016. Perkiraan modal usaha jasa laundry kiloan dan prospeknya diambil dari http://wirabisnis.com/ perkiraan-modal-usaha-jasa-laundry-kiloan-dan-prospeknya.html (31 Agustus 2016)
Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya
Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Jogiyanto,H.M. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Ofset
Nasution,M.N. 2010, Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia
DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2016.1.1.5
Refbacks
- There are currently no refbacks.

View My Stats