RANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENGAJUAN SURAT IZIN PENELITIAN MAHASISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2021.6.1.611

Keywords:

Aplikasi Surat, Metode Prototype, QR Code, WhatsApp, COVID-19

Abstract

Adanya pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia mengakibatkan adanya peraturan pemerintah yang membatasi dan selanjutnya melarang proses kegiatan perkuliahan dan administrasi kampus, akibatnya berdampak pada terhambatnya pengajuan surat izin penelitian skripsi bagi para Mahasiswa di Program Studi Sistem Informasi Universitas Sangga Buana, namun penelitian skripsi harus terus dilakukan oleh para mahasiswa. Permasalahan tersebut dapat teratasi dengan adanya program aplikasi yang dapat memfasilitasi pengajuan dan pembuatan surat izin penelitian skripsi mahasiswa. Tahapan pada penelitian ini yaitu dengan cara observasi masalah administrasi yang terjadi akibat pandemi COVID-19, lalu melakukan studi literatur yang terkait dengan masalah, selanjutnya untuk tahapan pembangunan program aplikasi ini menggunakan metode Prototype dan menggunakan tools UML (Unified Modelling Language), Diagram Relasi Database dan perancangan antar muka untuk aplikasi. Hasil akhir yang didapat adalah sebuah rancangan aplikasi untuk pembangunan program aplikasi yang telah menerapkan teknologi QR Code sebagai pengganti tanda tangan manual serta adanya notifikasi media sosial WhatsApp dan email sehingga dapat memfasilitasi pengajuan dan pembuatan surat izin penelitian skripsi bagi para Mahasiswa di Program Studi Sistem Informasi Universitas Sangga Buana.

Author Biography

Hanhan Hanafiah Solihin, Universitas Sangga Buana

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Sangga Buana

References

A.-B. Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

H. Jogiyanto, Analisis Dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2005.

N. Anwar Makarim, Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020, p. Nomor 3 Tahun 2020.

M. R. Kamil, Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease-19 di Jawa Barat. Bandung: Gubernur Jawa Barat, 2020, p. No.443/Kep.176-Dinkes/2020.

O. M. Danial, Kebijakan Penyebaran Corona Virus Desease (COVID-19). Bandung, 2020, p. Nomor: 443/SE.030-Dinkes.

A. Efendi R, Kesiapsiagaan Menghadapi Resiko Corona Virus Disease (COVID-19). Bandung: Rektor Universitas Sangga Buana, 2020, p. SE-008/II.1.2-III/USB YPKP/2020.

H. H. Solihin, “Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi pada Lembaga Kursus Komputer,” J. Ilmu-Ilmu Inform. dan Manaj., vol. 9, no. 1, 2015.

P. Savitri, H. H. Solihin, R. Rahayu, and M. R. Arifin, “Prototipe Sistem Personal Assistant Untuk Ketua Program Studi Berdasarkan Analisa Terhadap Proses Persiapan Akreditasi,” J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 2, 2018.

J. Sofian and H. H. Solihin, “Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Surat Tugas Mengajar dan Surat Kerja Praktek pada Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana Dengan Memanfaatkan Teknologi Framework Codeigniter,” J. Techno-Socio Ekon., vol. 9, no. 1, 2016.

R. S. Pressman and B. R. Maxim, Software engineering: a practitioner’s approach, Eighth. New York: McGraw-Hill, 2015.

N. A. Musthofa, S. Mutrofin, and M. A. Murtadho, “Implementasi Quick Response (QR) Code Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (UML),” J. Antivirus, vol. 10, no. 1, pp. 42–50, 2016.

E. Ardhianto, W. T. Handoko, and E. N. Wahyudi, “Pengembangan Metode Otentikasi Keaslian Ijasah dengan Memanfaatkan Gambar QR Code,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 20, no. 2, pp. 106–114, 2015.

P. P. Widodo and Herlawati, Menggunakan UML : UML Secara Luas Digunakan Untuk Memodelkan Analisis & Desain Sistem Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2011.

J. Simarmata, Perancangan Basis Data. Yogyakarta: Andi, 2007.

Downloads

Published

2021-06-30