SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN DEBITUR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: SWAMITRA KSP INTRANZ)

Phitsa Mauliana, Nanang Hunaifi, Frendi Wahyudi

Abstract


Proses penerimaan debitur baru pada Swamitra KSP Intranz masih menggunakan menggunakan cara manual dengan memeriksa data satu persatu dokumen yang telah diminta dari debitur atau calon debitur dan menghasilkan keputusan yang masih subjektif dan belum sepenuhnya akurat. Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan dapat membantu untuk memberikan nilai kepada setiap alternatif dan menghasilkan keputusan yang akurat serta objektif. Sistem Pendukung Keputusan penerimaan debitur dibuat menggunakan metode TOPSIS (Technique For Orders Reference by Similarity to Ideal Solution). Teknik TOPSIS sangat membantu para pengambil keputusan untuk menyusun struktur masalah yang harus dipecahkan, melakukan analisis, perbandingan dan peringkat alternatif. Sistem Pendukung keputusan ini dibuat berbasis web. Penerimaan debitur ini menggunakan 5 (lima) kriteria yaitu; penghasilan, jumlah tanggungan, swachecking dan jaminan, kemudian nilai bobot dari 5 (lima) kriteria tersebut dihitung menggunakan metode TOPSIS. Nilai tertinggi dari hasil perhitungan nilai bobot kriteria menjadi yang paling direkomendasikan untuk diterima pengajuan kreditnya.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Debitur


References


Firdaus, R. H., & Aryanti, M. (2003). Manajemen Perkreditan Bank. Bandung: Alfabeta.

Turban, E. (1995) Decision Support System and Expert System, United State : Prentice Hall Internasional.

Sachdeva, A., Kumar, D., & Kumar, P. (2009). Multi-factor failure mode critically analysis using TOPSIS. Journal of Industrial Engineering International, 1-9.

Chen S.J., Hwang C.L. (1992): Fuzzy Multiple Attribute Decision Making: Methods and Applications. Springer-Verlag, Berlin.

Jahanshahloo G.R., Lofti F.H., Izadikhah M. (2006): An Algorithmic Method to Extend TOPSIS for Decision Making Problems with Interval Data. “Applied Mathematics and Computation.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2018.3.1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License