Social Media Marketing and Brand Image as Determinant Factor of Purchase Decision

Penulis

  • Fitriyadi Abdillah Universitas Galuh
  • Aa Willy Nugraha Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ruzhan

DOI:

https://doi.org/10.32897/jemper.v6i1.2730

Kata Kunci:

Pemasaran media sosial, citra merek, keputusan pembelian

Abstrak

Pemasaran dengan menggunakan media sosial (social media marketing) semakin meningkat di era ini. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, internet semakin memudahkan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi tanpa mengenal jarak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen Produk Mitra Emas Bank BJB Syariah Cabang Tasikmalaya. Survei ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengeksplorasi dampak dari variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan 140 responden sebagai sampel dengan teknik sampel acak sederhana. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran media sosial dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk Mitra Emas Bank BJB Syariah Cabang Tasikmalaya, baik secara individu maupun secara bersama-sama.

Referensi

Gunelius, S. (2011). 30 Minutes Social Media Marketing. McGraw-Hill Companies.

Kautish, P. and Sharma, R. (2019). Managing Online Product Assortment and Order Fulfillment For Superior E-Tailing Service Experience. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 31(4), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/APJML-05-2018-0167

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.

Pham, P. ., & Gammoh, B. S. (2015). Characteristics of social media marketing strategy and customer-based brand equity outcomes: A Conceptual model. International Journal of Internet Marketing and Advertising, 9(4), 321 – 337.

Prasetya, E. G., Yulianto, E., & Sunarti. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mineral Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(2), 214–221.

Pratomo, Y. (2019). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet- di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Ratana, M. (2018). The Effect of Social Media Marketing on Brand Equity T (Photo Crowdsourcing Program). International Journal of Marketing Studies, 1(1), 13–28.

Reminta L. Batu, Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152.

Sa’diyah, K., Kurniati, R., & Zunaida, D. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Asuransi Pt.Prudential Life Assurance Cabang Sukun. JIAGABI, 8(3), 163– 169.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis.

Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Andi.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen. Indeks.

Soim, F. M., Suharyono, & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Kartu Perdana simPATI di Booth Telkomsel Matos).

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 35(1), 146–153.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV

Alfabeta. Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.

Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. CV Andi.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. SAGE Publications, Inc.

UU perbankan No 7 Tahun 1992; Peraturan Pemerintah No.72 Tahun 1992; UU No 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Sharia

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan - Januari - Juni 2024