Pengaruh Keamanan dan Risiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Online di Marketplace Tokopedia

Penulis

  • Syahrul Nur Hakim Universitas Sangga Buana
  • Eva Rachmawati Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jemper.v6i1.3302

Kata Kunci:

Keamanan, Risiko Kinerja, Keputusan Pembelian Online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keamanan dan risiko kinerja terhadap keputusan pembelian online baik secara parsial, simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden yaitu para mahasiswa manajemen angkatan 2020 pengguna tokopedia di Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online yang disebar menggunakan google form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keamanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian online sedangkan variabel risiko kinerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepusan pembelian online dan dua variabel tersebut berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian online.

Referensi

Aji, A. F. B. (2015). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, dan Resiko Kinerja terhadap Keputusan Pembelian secara Online di Tokopedia. Cakrawala Pendidikan, 1–72.

Baum, D., & Sunarto. (2009). Seluk Beluk E-Commerce. Garailmu, 27.

Chao-min, & Chiu. (2012). “Understanding customers’’ repeat purchase intentions inB2C e-commerce: the roles of utilitarian value, hedonic value andperceived risk". Information Systems.” Information Systems Journal, 24, 85–114.

Chiu, W., & Cho, H. (2019). E-commerce brand: The effect of perceived brand leadership on consumers’ satisfaction and repurchase intention on e-commerce websites. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(6), 1339–1362. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2018-0403

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Alfabeta, 1(1), 1–99.

Hr, G. I., Fermayani, R., & Harahap, R. R. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Padang). Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi.

Irawan. (2018). ( Studi Kasus Konsumen Di Wilayah Tangerang Selatan ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan , keamanan , dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian online. XXIII, 114–122.

Laudon, & Kennetch. (2015). Sistem informasi manajemen : mengelola perusahaan digital.

Nursani, Rois, & Hufron, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Melalui Shopee (Studi Pada Mahasiswa Unisma). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 1–14.

Parengkuan. (2014). Perceived Information Security, Information Privacy, Risk And Institutional Trust On Consumer’s Trust In E-Commerce. Jurnal EMBA, 2, 788–797.

Rofiq, A. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Universitas Brawijaya, 157.

Salsabila, Muhammad, F., & Puri, C. (2018). Pengaruh Keamanan Konsumen dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Fashion di Shopee dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening. Journal Competency of Business, 2(1), 40–52.

Setiawan, E. H., & Fauziah, A. (2017). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan, dan Resiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Tokopedia.com di Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 01(1), 64–75.

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. XIII(2), 140–146.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan - Januari - Juni 2024