PENGARUH KINERJA KERELASIAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Survei Pada Karyawan PT. X Kota Bandung)

Authors

  • Zhafira Maylindawati Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jiim.2022.1.1.1644

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu keadaan dimana seorang karyawan merasa senang dalam bekerja. Kepuasan kerja dapat tercipta apabila hubungan kerja antara manager dengan karyawan dan hubungan kerja antara karyawan dengan karyawan tercipta dengan baik. Komunikasi yang merupakan bagian dari kegiatan kerja juga memegang peranan penting dalam menciptakan kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. X Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kinerja kerelasian dan komunikasi dengan kepuasan kerja karyawan baik secara partial maupun si,ultan. Metode penelitian yang digunakan secara kuantitatif dengan pendekatan analis deskriptif verifikatif. Alat analisis menggunakan linear berganda.  Sample sebanyak 83 orang dengan tehnik penentuan sample random sampling. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan pengukuran menggunakan skala Likert dengan skor 1 sampai 5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat di simpulkan bahwa kinerja kerelasian dan komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja baik secara parsial maupun simultan

References

H. Hasanah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja,” Manajer Pendidik., vol. 9, no. 1, 2015, doi: 10.31227/osf.io/wczd8.

N. M. Desa, M. H. Abu Hassan Asaari, A. A. Razak, and N. Diyanah Abd Jabar, “Communication and Job Satisfaction among Workers in the Department of Trade Union Affairs in the Northern State of Malaysia,” Eur. Sci. J. ESJ, vol. 15, no. 28, 2019, doi: 10.19044/esj.2019.v15n28p1.

A. D. Indrawati, “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar,” J. Manajemen, Strateg. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 7, no. 2, pp. 135–142, 2013, doi: 10.24843/MATRIK:JMBK.

N. Mishra and R. P. Dimri, “Analysis of employee relationship management,” J. Arts, Sci. Commer., vol. 2, no. 10, pp. 15–25, 2017.

A. Tansel and Şa. GazîOğLu, “Management-employee relations, Firm size and job satisfaction,” Int. J. Manpow., vol. 35, no. 8, pp. 1260–1275, 2014, doi: 10.1108/IJM-09-2014-0179.

R. Pudjiastuti, “Pengaruh Komunikasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Guru Smp Negeri Di Sub-Rayon Bangsri Kabupaten Jepara,” J. Pendidik. Sains Univ. Muhammadiyah Semarang, vol. 4, no. 2, pp. 59–70, 2016, doi: 10.26714/jps.4.2.2016.59-70.

A. T. Akpinar, E. Torun, and O. Akpinar, “The Effect of Organizational Communication and Job Satisfaction on Organizational Commitment in Small Business,” Interdiscip. J. Res. Bus., vol. 3, no. 04, pp. 27–32, 2013.

A. Ali and J. Haider, “Impact of internal organizational communications on employee job satisfaction- Case of some Pakistani,” Glob. Adv. Res. J. Manag. Bus. Stud., vol. 1, no. x, pp. 38–44, 2012, [Online]. Available: garj.org/.../impact-of-internal-organizational-communications-on-employee-job-satisf...%5Cn.

H. Bulińska-Stangrecka and A. Bagieńska, “The role of employee relations in shaping job satisfaction as an element promoting positive mental health at work in the era of covid-19,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 18, no. 4, pp. 1–19, 2021, doi: 10.3390/ijerph18041903.

I. W. R. S. Putra and I. G. A. D. Adnyani, “Pengaruh Komunikasi, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Ramada Bintang Bali,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 8, no. 4, p. 2014, 2019, doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i04.p05.

Downloads

Published

2022-08-15